Polisi Ungkap Kronologi Pembunuhan Ketua MUI Labuhanbatu Utara

Ilustrator Ilustrator

Muslimahdaily - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara, Aminurrasyid Aruan meninggal dunia karena dibacok oleh pelaku berinisial AD alias Anto Dogol (35 tahun).

Kejadian berlangsung di depan rumah korban di Kelurahan Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan, Labura, pada Selasa, (27/7) sore sekitar pukul 17.30. 

Motif kejadian itu karena pelaku tidak terima ketika ditegur korban.  Deni mengungkapkan, sehari sebelum kejadian, korban sempat menegur pelaku agar tidak mencuri buah sawit di kebun miliknya.

Lantaran sakit hati, pelaku kemudian merencanakan aksi pembunuhan dengan cara mengasah parang. Pada Selasa sore, pelaku menunggu korban yang baru pulang dari kebun sawit dan menyempatkan diri mengambil rumput untuk ternak. 

Korban tiba di depan rumahnya dengan menggunakan sepeda motor.  Pelaku yang sudah menunggu di pinggir jalan di depan rumah korban, tanpa banyak bicara langsung melancarkan aksinya dengan menebas parang ke korban dari arah kiri. 

Korban sempat menangkis parang dengan tangan kiri sehingga menyebabkan pergelangan tangannya putus. Akibat serangan itu, korban tersungkur ke dalam parit. 

Setelah korban tersungkur, pelaku berulang kali kembali menyerang korban dengan menebas kepala, wajah dan badan korban.

Usai menyerang korban, pelaku melarikan diri ke kebun sawit yang hanya berjarak 2 km dari lokasi kejadian. 2 jam setelah kejadian, pelaku berhasil ditangkap oleh polisi. 

Deni mengatakan bahwa peristiwa ini adalah tindak kriminial murni dan berencana dengan motif pelaku yang sakit hati setelah ditegur korban. Saat ini pelaku sudah ditahan guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Pelaku dijerat dengan Pasal 340 KUHPidana subsider Pasal 338 KUHPidana dengan ancaman hukuman mati.