Restorasi Masjid Er Rızk di Turki yang Berusia 612 Tahun Hampir Selesai

Masjid Er Rızk Masjid Er Rızk ( Foto : Toysmatrix.com )

Muslimahdaily - Masjid Er Rızk yang berusia 612 tahun sedang direnovasi karena dilakukan relokasi. Masjid ini  terletak di distrik Hasankeyf, tenggara Turki Batman dan dibangun pada masa pemerintahan Ayyubiyah. Masjid bersejarah ini dipindahkan dari lokasi aslinya karena ada pembangunan Bendungan Ilısu dan pembangkit listrik tenaga air.

Masjid Er Rızk dibangun pada tahun 1409 oleh raja Ayyubiyah Hasankeyf, Ebu'l Mefahir Süleyman. 

Dilansir di Toysmatrix.com, Selasa (3/8), Wali Kota Hasankeyf, Abdülvahap Kusen mengatakan proses restorasi sedang berlangsung dan diharapkan segera selesai.

Masjid Er Rızk merupakan salah satu artefak bersejarah yang dipindahkan. Kusen mengatakan bahwa masjid berusia 612 tahun direnovasi untuk menyatukan antara yang lama dengan yang baru.

“Pekerjaan restorasi berada pada tahap akhir, perluasan tambahan pada masjid telah dilakukan. Menara telah dirakit (dan) pekerjaan lanskap terusberlanjut,” ucap Kusen.

Kusen mengatakan bahwa salat Jumat akan berlangsung seperti yang telah mereka lakukan sebelumnya.

Menurutnya kaligrafi dan batu nisan yang terukir di dinding menara sangat berharga. Salah satu fitur terpenting dari masjid Er Rızk adalah menaranya yang memiliki tangga kembar. 

“Dua orang bisa menaiki tangga kembar menara dan tidak bertemu satu sama lain sampai mereka bertemu di puncak,” tutup Kusen.

Leave a Comment