Sederet Srikandi Berhijab yang Mewakili Indonesia di Kancah Olimpiade Tokyo 2020

Ilsutrasi Ilsutrasi

Muslimahdaily - Olimpiade Tokyo berlangsung pada 23 Juli 2021 hingga 10 Agustus 2021. Indonesia mengirim 28 atlet untuk bertanding di delapan cabang olahraga.

Dari 28 atlet yang menjadi perwakilan di Olimpiade Tokyo 2020, ada empat atlet berhijab yang bertanding di tiga cabang olahraga.  Mereka adalah Nurul Akmal, Mutiara Rahma Putri, Melani Putri, dan Diananda Chairunnisa.

Yuk kenalan dengan empat atlet hijab yang mewakili Indonesia pada ajang Olimpiade Tokyo 2020:

1.Nurul Akmal

 

Foto: Instagram/Nurulakmal_12

Nurul Akmal merupakan Wanita kelahiran 12 Februari 1993 yang berdomisili di Aceh. Ia adalah satu-satunya atlet yang berhijab di cabang olahraga angkat besi (Weightlifting) kelas +87 kg. Saat pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 Jumat (23/7) lalu, Nurul Akmal berkesempatan menjadiperwakilan  pembawa bendera Indonesia.

Nurul Akmal menjadi atlet putri pertama Indonesia yang lolos di kelas berat, Merah Putih biasanya meloloskan atletnya di kelas ringan. Dalam menjalani karirnya, ia berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan mendapatkan medali perak Islamic Solidarity Games di Baku pada 2017, emas di test event Asian Games 2018, dan satu perak dua perunggu di Qatar Cup 2019.

2.Mutiara Rahma Putri

 

Foto: Instagram/mutia.rp

Atlet berhijab selanjutnya yang berasal dari Indonesia adalah Mutiara Rahma Putri, ia merupakan atlet dayung. Wanita kelahiran Jambi, 7 Juli 2004 ini tanding berpasangan dengan Melani Putri pada Olimpiade Tokyo 2020.

Mereka bertanding di Sea Forest Waterway, Tokyo Bay. Sayangnya keduanya tidak lolos ke semifinal Olimpiade Tokyo 2020. Namun mereka tetap membanggakan Indonesia karena bisa berada di Olimpiade Tokyo 2020.

Adapun prestasi Mutiara yang pernah diraih yaitu medali emas cabang olahraga dayung rowing kelas Women Single Scull di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2019 di Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat.

Kemudian ia berhasil meraih perunggu cabang olahraga rowing kelas ringan satu pedayung pada ajang SEA Games 2019 di Filipina.

- Melani Putri

 

Foto: Instagram/Melaniputri2107

Melani Putri adalah atlet berhijab pada cabang olahraga rowing. Wanita kelahiran 21 Juli 2000 ini merupakan calon guru yang berasal dari Karawang, Jawa Barat.

Dalam karirnya sebagai atlet, ia pernah meraih emas di kelas Quadruple dan perunggu di kelas Singgle Scull pada Pekan Olahraga Pelajar tingkat Nasional (POPNAS) tahun 2015 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat tahun 2016.

Ia juga pernah mendapat perunggu di kelas Double Scull dan Single Scull saat berpartisipasi di South East Asia Rowing Federation (SEARF) di Vietnam pada 2017.

Kemudian, ia mendapat perak di kelas Quadruple saat lomba pada Asian Rowing Cup II di Korea pada 2018. Pada tahun yang sama, ia mengikuti Pekan Olahraga Daerah (PORDA) an mendapat medali emas.

Prestasi selanjutnya, Melani mendapat perunggu saat lomba di SEARF Thailand pada 2019.

- Diananda Choirunisa

Foto: Instagram/Dianandach

Diananda Choirunisa adalah seorang atlet hijab cabang olahraga panahan dari Indonesia. Ia merupakan istri anggota TNI Danie Pratama.

Wanita kelahiran 16 Maret 1997 ini mewakili Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya ia pernah meraih perak dari nomor perorangan putri dan medali perunggu dari tim beregu pada saat mewakili Indonesia di ajang SEA Games 2019 di Filipina.

Leave a Comment