Shahid Khan, Miliarder Muslim pernah jadi Pencuci Piring

Shahid Khan Shahid Khan ( Foto : si.com )

Muslimahdaily - Shahid Khan adalah salah satu orang terkaya di dunia. Pengusaha dengan darah kelahiran Pakistan dan menetap di Amerika ini adalah taipan otomotif sekaligus olahraga. 

Khan memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat pada usia 16 tahun untuk mengejar mimpinya. Ketika khan berada di Amerika, dirinya harus menginap di sebuah kamar $2/malam di Universitas YMCA dan untuk memenuhi kebutuhan Khan bekerja sebagai pencuci piring di restoran dengan upah $1.20 per jam.

Perjuangan yang tidak mudah untuk mengejar mimpi di negara orang lain dilalui Khan dengan sangat baik, pada akhirnya ia mampu menyelesaikan pendidikan B.Sc dengan jurusan Teknik Industri dari UIUC College of Engineering, Universitas Illinois pada 1971. 

Khan juga telah resmi menjadi warga negara AS pada tahun 1991, dan ia seorang muslim.

melansir dari jpnn.com, ketika Khan masih belajar di Universitas Illinois, Khan bergabung dengan Flex-N-Gate. Setelah lulus, Khan dipilih untuk jabatan Direktur Teknik perusahaan. Kehadiran Khan membuatnya menjadi pelopor bumper mobil untuk truk pickup khusus dan perbaikan body shop. Ambisi yang kuat pada akhirnya dapat mewujudkan mimpinya.

Pada 1980, Khan membeli Flex-N-Gate sebagai perusahannya. Ia membuat design untuk bumper truk one-piece yang akhirnya menjadi awal mula kesuksesan dirinya.

Selain itu, Khan juga pemilik Jacksonville Jaguar dari National Football League (NFL), Fulham FC dari Championship, dan salah satu pemilik All Elite Wrestling (AEW).

Perusahaannya kini memiliki 69 pabrik di seluruh dunia dan lebih dari 26 ribu karyawan. Miliarder muslim itu saat ini pemilik Flex-N-Gate, sebuah perusahaan otomotif Amerika yang terkenal. Khan juga telah memiliki banyak perusahaan lainnya. Forbes memperkirakan pada September 2021, kekayaan bersihnya mencapai USD 8,3 miliar (Rp 118 triliun).