Otoritas Arkeologi Sharjah Berhasil Temukan Koin Islami Berusia 1.000 Tahun

Koin dari dinasti Abbasiyah ditemukan di pot kuno Koin dari dinasti Abbasiyah ditemukan di pot kuno ( Foto : Gatra.com )

Muslimahdaily - Tim dari Otoritas Arkeologi Sharjah berhasil membuat penemuan di wilayah tengah emirat. Mereka menemukan koin dirham perak kuno di Sharjah. Koin Islam kuni ini dicetak satu milenium lalu di Maroko, Persia Al-Rai wilayah Khorasan, Armenia dan Transoxiana.

Dilansir pada thenationalnews.com, Koin-koin ini disimpan dalam pot bergaya Abbasiyah yang berasal dari abad ke-9 atau ke 10 Masehi. Menurut Dr Sabah Aboud Jasim, direktur jenderal Otoritas Arkeologi Sharjah, hal ini menjadi bukti kehadiran awal dinasti Abbasiyah di wilayah tersebut.

Dinasti Abbasiyah merupakan kekhalifahan yang ketiga untuk menggantikan Nabi Muhammad. Koin-koin tersebut memuat ikonografi lima khalifah yang merupakan pemimpin Muslim pada masa itu, diantaranya adalah Khalifah Abu Jaafar al-Mansour, Khalifah Mohamed al-Mahdi, Khalifah Haroun al-Rashid, Khalifah Mohamed al-Amin dan Khalifah Abu Jaafar Abdullah al-Maamoun.

“Selain itu juga termasuk "dirham-link" perak Lady Zubaida (Umm Jaafar), istri Haroun al-Rashid. Sebuah fils tembaga Abbasiyah juga ditemukan,” kata kantor berita negara WAM, dikutip AL-arabiya, Rabu (29/09/2021).

Koin-koin tersebut dicetak pada akhir abad ke-8 hingga awal abad ke-9 M atau tahun 154-199 H periode Hijriah dalam penanggalan Islam di beberapa wilayah geografis dan administratif. Selain menyoroti aktivitas komersial yang terjadi di UEA dan di wilayah tengah Sharjah, penemuan ini juga mendokumentasikan periode yang sangat penting dalam sejarah Sharjah dan UEA selama dinasti Abbasiyah.

Leave a Comment