Yuk Kenalan dengan Vaksin Zifivax yang Sudah Dihalalkan oleh MUI

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Vaksin Zifivax bakal dipakai di Indonesia dalam rangka program vaksinasi COVID-19. Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa halal untuk vaksin Zifivax, yang artinya vaksin ini sudah aman dan halal untuk warga Indonesia khususnya yang beragama Islam.

Karena sudah mendapati halal dari MUI, vaksin ini akan dikirim ke Indonesia dalam jumlah 50 juta dosis vaksin Zifivax. Memangnya vaksin Zifivax itu apa, sih?

Vaksin Zifivax berasal dari Anhui, China. MUI mengklaim vaksin ini aman dan halal digunakan, sebagaimana tertuang dalam fatwa MUI Nomor 53 Tahun 2021.

Ketua MUI Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh menyatakan, sebelum akhirnya vaksin Zifivax dinyatakan aman juga halal, vaksin ini sudah melalui beberapa tahap pemeriksaan. MUI melakukan rapat internal yang melibatkan tim auditor juga expert meeting.

"Setelah itu, dirumuskan pada aspek teknis hasil dari pemeriksaan oleh tim auditor LPOM MUI disampaikan ke pimpinan MUI melalui Komisi Fatwa di bawah koordinasi kami," kata Asrorun, Sabtu, (9/10). Dilansir dari Detik News.

Dalam memberikan izin dari vaksin Zifivax ini tim MUI sudah mengunjungi pabrik Zhifei Longcom Biopharmaceutical Co, Ltd di Hefei, China. Karena itu, dalam proses pemeriksaan vaksin Zifivax di lapangan sudah melalui prosedur yang sesuai.

Asrorun mengatakan bahwa efikasi dari vaksin ini mencapai 81%. Hal ini sudah dilakukan sampel dengan orang Indonesia, dalam hal ini berarti vaksin Zifivax efektif mencegah COVID-19.

"Hari ini kami mendapatkan surat halal dari MUI. Kemarin saya dapat info bahwa pihak Anhui kita sudah menyiapkan 50 juta dosis vaksin untuk tahun ini. Bahkan ada 150 juta dosis vaksin lagi, tapi ini keputusan pemerintah," ungkap Direktur Pemasaran dan Kemitraan PT Jakarta Biopharmaceutical Industry, Chairuddin Yunus, di Jakarta, Sabtu (9/10). Dilansir dari Detik News.

Karena vaksin Zifivax mempunyai efikasi yang sangat bagus, Chairuddin berkomitmen untuk membantu tercapainya kekebalan komunal masyarakat. Harapannya, herd immunity masyarakat bisa terbentuk dan program vaksinasi yang digaungkan pemerintah dapat optimal.