Kota Punjab Tengah Mempercantik Diri, Menyambut Maulid Nabi

Kota Amritsar, Punjab, India Kota Amritsar, Punjab, India ( Foto: goodfon.com/VityaMaly )

Muslimahdaily - Tidak hanya indonesia, mendekati peringatan maulid nabi, banyak negara maupun kota yang juga bersiap untuk merayakan hari besar tersebut. Salah satunya kota Punjab yang sedang mempersiapkan perayaan besar untuk maulid Nabi Muhammad yang akan jatuh pada tanggal 19 oktober mendatang.

Persiapan ini dapat dilihat dari berbagai macam dekorasi yang sudah dipasang dengan indah di kota ini, serta beberapa kegiatan juga sudah diatur oleh pemerintah dan organisasi keamanan.

Dilansir dari ihram.co.id, masyarakat di kota Punjab bergotong royong untuk menghias setiap jalan dan bangunan di kota tersebut dengan memasang lampu warna warni. Selain dekorasi, kota ini juga siap untuk mengadakan sejumlah program acara seperti kompetisi naat untuk menyambut 12 Rabiul Awal yang akan diselenggarakan oleh komite naat.

Perayaan-perayaan seperti ini bukan yang pertama kalinya. Karena setiap tahun pemerintah dengan bantuan organisasi dan juga masyarakat bersama sama telah merencanakan perayaan tahunan ini.

Prosesi maulid nabi sudah dianggap seperti sebuah tradisi, untuk itu perayaannya akan diadakan di semua wilayah kota dengan pengamanan yang ketat. Pemerintah Punjab juga sudah mengkoordinasikan pengamanan kepada semua pejabat administrasi distrik dan tehsil.

Seperti di indonesia, perayaan maulid nabi biasanya melakukan arak-arakan yang akan dimulai dari satu titik dan berakhir di titik lainnya. Di kota Punjab pun sama dimana prosesi maulid nabi ini akan dimulai pagi hari dari daerah Bunni Chowk dan akan berakhir di Masjid Rawalpindi sebagai pusat Jamia.

Demi kelancaran dan keberlangsungan acara tersebut, pemerintah Punjab juga menghalang sejumlah kendaraan berat seperti traktor troli dan truk untuk masuk ke jalur arak-arakan utama serta mempersiapkan pengawasan ketat agar bisa mengontrol dan mengatur keamanan di seluruh wilayah kota Punjab saat acara berlangsung.