Keren! Dua Ilmuwan Perempuan Asal Indonesia Diakui Dunia

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Kata siapa kalau ilmuwan hanya berasal dari luar negeri saja? Di Indonesia juga ada lho ilmuwan hebat dan siapa sangka dua ilmuwan ini adalah wanita.

Yap, kedua perempuan hebat itu bernama Adi Utarini dan Tri Mumpuni. Keduanya berhasil mendapatkan pengakuan dunia berkat kontribusi mereka dalam bidang ilmu sains.

Atas pencapaiannya tersebut, keduanya mampu menyusul ilmuwan asal Indonesia yang berhasil diakui dunia seperti BJ Habibie, Dr Joe Hin Tjio, Prof Dr Mezak Arnold Ratag, Khoirul Anwar, dan sebagainya.

Apa penemuan yang ditemukan oleh Adi Utarini dan Tri Mumpuni?

Penemuan Adi Utarini (Teknologi Pemberantas DBD)

Pencapaian Prof dr Adi Utarini, MSc, MPH, PhD didapatkan pada akhir tahun 2020. Adi Utarini menjadi salah satu ilmuwan sains Indonesia yang masuk ke daftar Nature's 10: Ten People Who Helped Shape Science in 2020 dari jurnal ilmu pengetahuan Nature.

Dilansir dari laman CNBC Indonesia, Prof Adi Utarini memimpin uji coba perintis dari sebuah teknologi yang dapat membantu memberantas penyakit demam berdarah, penyakit yang menyerang hingga 400 juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya.

Hasil penelitian Adi Utarini dan tim berhasil mengurangi kasus demam berdarah hingga 77 persen di beberapa kota besar di Indonesia. Sebuah penemuan yang manfaatnya telah diakui dunia.

Penemuan Tri Mumpuni (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro)

Sama dengan Adi Utarini, pada tahun 2020, Direktur Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA) Tri Mumpuni juga masuk dalam 22 Most Influential Muslim Scientists.

Daftar penghargaan "The 500 Most Influential Muslims" ini diterbitkan Royal Islamic Strategic Studies Centre.

Bidang yang ditekuni Tri Mumpuni adalah ikut mengembangkan kemandirian masyarakat di kawasan-kawasan terpencil melalui pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH).