Peringatan Maulid Nabi Turut Digelar Di Thailand

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Freepik.com )

Muslimahdaily - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 18-19 Oktober ini, berbagai tradisi dilakukan di berbagai negara untuk memeriahkan peringatan tersebut.

Semarak peringatan Maulid Nabi ini tidak hanya dilakukan di negara-negara dengan mayoritas umat Islam, tetapi juga diperingati di negara minoritas Islam, seperti Thailand.

Dilansir dari Republika.co.id, berbagai lomba diselenggarakan oleh kedutaan Iran untuk Thailand dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam atau Maulid Nabi ini. Lomba tersebut pun mengangkat tema “Teladan yang Baik dari Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam.”

Peringatan Maulid Nabi di Thailand ini dimeriahkan oleh tiga lomba, yaitu puisi, melukis, dan membuat klip video. Dikutip dari Republika.co.id, Ahlul Bayt News Agency menjelaskan bahwa lomba tersebut akan diselenggarakan oleh Sekolah Al-Zahra dan para siswa yang berasal dari tingkat SD sampai SMA dapat ikut serta dalam perlombaan tersebut.

Sebagai penyelenggara yang ikut andil dalam pelaksanaan lomba Maulid Nabi di Thailand tersebut, Atase Kebudayaan Iran di Thailand, Mahdi Hassankhani menjelaskan bahwa pelaksanaan lomba ini memiliki tujuan dalam mendekatkan umat Islam dengan karakteristik Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam.

Pelaksanaan lomba tersebut akan lebih banyak melibatkan partisipan dari kelompok anak muda.

Organisasi Komunikasi dan Kebudayaan Islam pun mengimbau para peserta lomba untuk mengirimkan karya mereka mulai dari tanggal 19 Oktober hingga 1 minggu kedepan.

Maulid Nabi ini sendiri merupakan hari peringatan kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam dan perayaan Maulid Nabi ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di berbagai negara.

Namun, terdapat pandangan yang berbeda-beda mengenai hari peringatan Maulid Nabi ini. Komunitas Syiah meyakini hari kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam jatuh pada tanggal 3 November atau pada hari ke-17 Rabiul Awwal.

Sedangkan, di Indonesia, peringatan Maulid Nabi tersebut diadakan pada setiap tanggal 12 Rabiul Awwal dalam penanggalan Hijriyah.