Gadis Pengungsi Suriah, Berenang Untuk Keselamatan dan Kemenangan

Yusra Mardini di Olimpiade Rio de Jenero Yusra Mardini di Olimpiade Rio de Jenero ( Foto : gettyimages )

Muslimahdaily - Tahun lalu, ia harus berenang di Laut Tengah demi menyelamatkan dirinya dan pengungsi lain karena perahu yang rusak. Bulan ini, ia berenang demi memenangkan medali di Olimpiade di Rio de Jenero.

Saat itu Yusra Mardini bersama saudarinya Sara berenang di Laut Tengah ketika perahu yang mereka tumpangi mulai kemasukan air. Demi menyelamatkan 19 orang lainnya, mereka bersama penumpang lain berenang sambil menahan perahu tersebut selama 3 jam menuju Yunani.

"Pada saat di air, saya ketakutan. Kita tidak tahu apakah akan mati atau selamat," ujar Yusra dilansir Republika dari rekamanan wawancara Organisasi Migrasi Internasional (IOM).

Yusra dan adiknya kini tinggal di Jerman setelah meninggalkan Suriah setahun lalu. Ia akan bertanding pada gaya bebas 100 meter di Olimpiade skala internasional tersebut. Yusra bersama 10 atlet lainnya juga akan membawa bendera pada pareade upacara pembukaan di Brazil, Jumat (5/8).

"Ketika saya harus berenang untuk nyawa, saya tidak tahu pasti bahwa saya akan berada di tempat saya sekarang ini," kata Yusra.

Last modified on Kamis, 04 Agustus 2016 07:40

Leave a Comment