Kanada Terkena Musibah Banjir dan Longsor, Organisasi Muslim Ikut Turun Tangan Memberikan Bantuan

Banjir dan longsor di Kanada Banjir dan longsor di Kanada ( Foto : Jonathan Hayward/The Canadian Press via AP )

Muslimahdaily - Curah hujan yang tinggi, serta cuaca yang ekstrim, mendatangkan malapetaka terhadap negara Kanada. Kabarnya negara ini terutama pada daerah bagian Provinsi British Columbia mengalami bencana alam banjir dan tanah longsor. Banjir ini menjadikan banyaknya fasilitas-fasilitas umum yang rusak seperti rel kereta api dan juga jalanan yang tertutup. Tak hanya itu, bencana alam yang terjadi di Kanada sampai harus menelan korban jiwa.

Melihat hal ini Islamic relief, selaku Tim badan amal islam di Kanada menunjukkan rasa empati dan inisiatifnya. Pasalnya organisasi islam di kanada ini turun tangan langsung untuk membantu korban-korban banjir dan badai di negara itu karena mereka ingin memastikan secara langsung bahwa korban dapat diselamatkan dengan baik dengan datangnya bantuan dari mereka. Sebelumnya mereka merasa sangat prihatin karena banyak korban dari musibah ini yang belum mendapatkan pertolongan.

Pada postingan online, organisasi Islamic relief juga menunjukkan keprihatinannya dengan mengatakan “Tolong terus sebutkan British Columbia dalam doa anda. Kami merasa sangat hancur dan sedih mengetahui bahwa bencana banjir dan badai di British Columbia mendapatkan banyaknya saudara laki-laki dan perempuan kami disana yang terbengkalai, tidak memiliki rumah, dan terperangkap dengan tidak mendapatkan akses suplai makanan dan perlindungan.”, ucap Islamic relief.

Organisasi Islam ini menyatakan bahwa mereka sedang berusaha untuk memberikan bala bantuan kepada masyarakat British Columbia dimana timnya sedang memuat kendaraan yang berisi persediaan untuk segera diberikan kepada korban. Tak sendirian, ternyata tim dari Islamic Relief juga bekerjasama dengan organisasi lainnya untuk meningkatkan jangkauan target korban serta mengumpulkan donasi yang akan diberikan kepada masyarakat korban bencana banjir dan longsor tersebut. Persediaan yang disiapkan oleh tim Islamic Relief berupa makanan penting, perlengkapan kebersihan, dan lain sebagainya yang dirasa esensial untuk memenuhi kebutuhan korban bencana, dilansir dari ihram.co.id.

Bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi mengakibatkan banyaknya penutupan jalan raya yang menghubungkan antara British Columbia dengan provinsi lainnya, serta sekolah-sekolah di wilayah pedalaman British Columbia. Curah hujan yang tinggi ini juga menyebabkan tanah longsor yang semakin meluas serta rusaknya infrastruktur. Kondisi level bencana yang dialami British Columbia telah mencapai fase keadaan darurat dengan lebih dari 20 pusat evakuasi di seluruh provinsi. Dengan kejadian yang menimpa inilah, akhirnya Islamic Relief merasa harus segera membantu warga-warga di provinsinya.