Izin Tawaf Bagi Jamaah Non-Umroh Akan Dikeluarkan oleh Arab Saudi

Potret tawaf sebelum pandemi Potret tawaf sebelum pandemi ( Foto : dok.muslimahdaily )

Muslimahdaily - Arab Saudi mengumumkan bahwa kegiatan tawaf di sekitar Ka’bah akan segera diizinkan dilakukan oleh seluruh umat Muslim yang bukan merupakan jamaah umroh. Program ini akan segera muncul pada aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna dengan ikon baru yang berjudul “Tawaf”.

Ikon “Tawaf” di aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna ini direncanakan akan muncul pada akhir pekan mendatang. Kemunculan ikon “Tawaf” di aplikasi tersebut berguna untuk memfasilitasi pemesanan akses tawaf bagi jamaah non-umroh.
Dilansir dari Ihram.co.id melalui Saudi Gazzate, kemunculan program ini sejalan dengan adanya penerapan baru arahan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman yang memungkinkan penggunaan kapasitas penuh Masjidil Haram bagi peziarah dan jamaah.

Selain itu, terdapat program pilihan lainnya yang dapat dipilih oleh jamaah non-umroh melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna ini. Diantaranya adalah mencium Hajar Aswad, menyentuh Pojok Yaman, dan melakukan sholat di Hijr Ismail.

Bahkan nantinya para peziarah dan jamaah yang mendaftarkan diri ke program ini akan diberikan layanan dan fasilitas terbaik sehingga dapat melakukan aktivitas keagamaan dengan mudah dan nyaman di Masjidil Haram ini.

Kegiatan ini pun tetap akan dilaksanakan sesuai dengan aturan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Kemudian, nantinya akan terdapat ketentuan waktu tawaf tertentu bagi jamaah non-umroh. Ketentuan waktu tawaf tersebut tersedia di luar waktu sholat, yaitu dimulai dari jam 06.00 sampai 10.00 dan kemudian dilanjutkan pada jam 12.00 sampai 15.00 waktu setempat.

Sebelumnya, aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna telah dikeluarkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sebagai layanan baru untuk memudahkan para calon jamaah luar negeri untuk mendaftarkan diri pada kegiatan umroh, kunjungan ke Masjid Nabawi, dan kunjungan ke Masjidil Haram.