Dalam Rangka Menarik Perhatian Wisatawan, Mesir Membuka Rute Jalan Yang Sudah Berumur Ribuan Tahun

Gerbang Kuil Luxor Mesir Gerbang Kuil Luxor Mesir ( Foto: Antaranews.com )

Muslimahdaily - Sama seperti negara Arab lainnya, Mesir juga sedang gempar-gemparnya membangun kembali industri pariwisata-nya yang dirasa mampu untuk menarik wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing. Salah satu hal yang dilakukan oleh negara piramida ini untuk menarik perhatian wisatawan yaitu membuka jalanan umum yang usianya sudah beribu tahun lamanya. Diketahui jalanan tersebut sudah berumur 3.400 tahun dengan Panjang sekitar 2,7-kilometer yang dapat menghubungkan antara area kuil kuno dengan area Karnak dan Luxor.

Rute jalanan ini bukan hanya sekedar dibuka tanpa adanya perayaan, tetapi negara ini sekalian mengadakan peragaan ulang festival opet. Opet ini merupakan suatu festival tradisi Mesir yang menghadirkan beberapa patung-patung Thebes untuk dipersembahkan kepada dewa-dewa banjir dan juga demi meningkatkan kesuburan sungai Nil. 

Upacara pembukaan juga dihadiri oleh presiden kudeta Mesir yaitu Jenderal Abdul-Fattah Al-Sisi beserta sang istri. Acara pembukaan ini selain bertujuan sebagai suatu peresmian, tetapi juga menjadi ajang agar lebih mudah dalam memperkenalkan Luxor kepada para masyarakat luas. Luxor dikenal sebagai kota yang kaya akan monumen dan dahulu juga sempat menjadi ibu kota dari Mesir, yang kemudian disebutnya adalah Thebes. 

Dampak covid-19 memang dirasakan oleh hampir seluruh negara serta hampir Sebagian industri juga dirugikan akan hal ini. Sektor pariwisata menjadi salah satu yang paling dirugikan. Di Mesir sendiri, dilansir dari hidayatullah.com, industri pariwisata Mesir menurun dari yang tadinya US$ 13 miliar pada 2019, menjadi US$ 4 miliar pada 2020.

Sehingga pembukaan ini merupakan bagian dari strategi negara Mesir untuk bisa menarik kembali wisatawan mereka serta mampu mendorong kembali roda ekonomi negara tersebut. Mesir mengadakan parade kerajaan yang akan dilakukan pada bulan April mendatang. Pembukaan rute ini hanyalah bagian dari parade yang sudah direncanakannya tersebut.