Demi Daging Halal, Muslim AS Rela Tempuh Jarak Jauh

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Dalam 35 tahun, komunitas Muslim di wilayah Charleston, Carolina Selatan, AS telah berkembang pesat. Ghazala Javed seorang muslim setempat memperkirakan segelintir keluarga muslim di sana telah berkembang menjadi sekitar 500.

Menurut laporan Pew Research Center pada 2017, Islam merupakan agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Muslim akan tumbuh dua kali lebih cepat dari populasi dunia antara 2015 dan 2060.

Kemudian dalam keadaan itu, masyarakat muslim di Charleston akan sulit mendapatkan daging halal karena untuk mendapatkannya dibutuhkan perjalanan bermil-mil.

Javed merupakan salah satu Muslim di sana yang hanya memasak daging halal di rumah. Komunitas muslim di sana sangat kompak, termasuk mengoordinasikan perjalanan ke Colombia atau Atlanta untuk membeli daging yang akan didistribusikan kembali ke rumah.

Daging halal itu mereka beli dari took daging bernama Halal International dan took serupa yang ada di Charlotte.

"Ini sangat nyaman sekarang, tetapi tidak seperti pergi ke toko dan memilih daging," ujar Javed, dilansir dari US News, Selasa (7/12).

Dia berharap di Lowcountry juga aka nada took seperti Halal International. Hal itu akan terjadi karena ditandai dengan adanya pertumbuhan populasi Muslim Carolina Selatan dan penambahan beberapa restoran di daerah Charleston yang menyajikan daging halal.

Ulfat Shagiwall adalah pemilik dari took Halal International. Rak-rak di tokonya dipenuhi dengan barang-barang Timur Tengah dan Asia Tenggara. Biasanya, warga Muslim dari Carolina Selatan membeli daging halal dan segar di toko tersebut antara pukul 13.30 sampai 14.00.

Shagiwall membeli daging jualannya dari tiga pemasok AS yang semuanya mempekerjakan tukang daging Muslim di rumah jaga mereka. Pelanggan dari took Shagiwall berasal dari seluruh negara bagian, termasuk Charleston.

"Dagingnya dijamin segar dan dibunuh dengan tangan, dan dijual dengan harga terbaik," ucap Shagiwall.

Nasir Waheed seseorang yang tinggal sekitar 12 mil dari toko mengatakan bahwa toko Halal International adalah satu-satunya pilihan untuk membeli daging halal, tetapi jarak proses distribusi daging ke toko Shagiwall terkendala di perjalanan.

Misalnya terjebak kemacetan lalu lintas saat perjalanan turun dari Charlotte. Akhirnya harus berhenti di belakang Halal International.

Ternyata pelanggan toko Halal International bukan hanya kalangan Muslim. Salah satunya Srinivasa Kothury yang rela melakukan perjalanan 40 menit ke Columbia dari Orangeburg setiap tiga pekan untuk membeli daging.

"Daging ini segar dan satu-satunya toko yang menjual daging kambing," tuturnya.