Empat Orang Seniman Muslim Tampilkan Seni Islam Pertama Di NFT OpenSea

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Akhirnya proyek seni islam pertama akan hadir dalam pasar aset digital terbesar yang biasa mempromosikan objek seni, musik, dan juga game. Dikabarkan terdapat empat seniman muslim yang akan tampil dalam acara Charity Art Gallery yaitu Ruby Jaffrey, Shayma Al-Shiri, Qasim Arif dan juga Mustafa Horton. Nantinya proyek seni ini akan digelar pada 26 Desember mendatang.

Proyek bertemakan Giving is Beautiful nantinya akan menyumbangkan karya-karya orisinal dari keempat seniman. Karya tersebut akan berupa kaligrafi Arab, realisme abstrak, dan juga seni abstrak. Proyek ini tak hanya menjadi ajang pertunjukan serta jual beli karya seni dari masing-masing seniman saja, namun seni proyek ini juga sekaligus menjadi alat perantara untuk bersedekah. Jual beli karya seni di Pasar NFT Open Sea memang sudah terkenal, namun istimewanya setiap hasil penjualan dari seniman muslim ini akan disumbangkan kepada Baitulmaal atau badan amal yang memang telah menginisiasi proyek seni, dilansir dari ihram.co.id.

Hampir mirip dengan penjualan karya seni pada umumnya, dalam pasar NFT OpenSea, pengunjung dapat menawar setiap karya cetakan seni digital dan juga mampu melelang karya-karya seni tersebut. Hasil dari semua itu juga akan disumbangkan kepada Baitulmaal. John Janney, selaku direktur komunikasi dari Baitulmaal serta kepala kurator untuk inisiatif tema Giving is Beautiful mengatakan bahwa mereka sudah lama ingin meluncurkan proyek ini yang dimana proyek tersebut dapat mendukung komunitas kreatif sekaligus mampu memberikan manfaat hasilnya kepada orang yang membutuhkan. "Kami sudah lama ingin meluncurkan proyek yang mendukung komunitas kreatif sekaligus memberi manfaat bagi orang-orang yang membutuhkan di seluruh dunia," ucapnya.

Karya seni yang ditampilkan bukan hanya sekedar lukisan biasa namun juga seni video yang dimana akan ditampilkan dalam konvensi yang berisikan cuplikan Ketika adanya pengiriman bantuan kemanusiaan yang didonor oleh Baitulmaal serta klip video dari influencer populer dalam bidang sosial seperti Khaled Beydoun. Selain itu terdapat pula karya seni unik lainnya berupa instalasi seni interaktif yang menghadirkan mesin penjual otomatis. Mesin tersebut menawarkan kesempatan amal dimana nantinya pengunjung dapat memilih 30 pilihan amal yang berbeda.

Proyek ini menghadirkan berbagai karya seni yang unik yang bisa menjadi awalan baik bagi para seniman muslim agar karyanya dapat lebih dikenal ke dunia luar. Proyek seperti ini merupakan hal yang sangat baik karena mampu sekaligus melakukan ibadah amal kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Para penggemar seni diluar Chicago juga dapat menikmati pameran ini dengan mengunjungi situs giveisbeautiful.org.