Kabar Duka, Eril Dinyatakan Meninggal Tenggelam Insya Allah Tergolong Syuhada

Emmeril Khan Mumtadz dinyatakan meninggal dunia. Emmeril Khan Mumtadz dinyatakan meninggal dunia. ( Foto : Instagram @emmerilkahn )

Muslimahdaily - Genap satu minggu pencarian Emeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril setelah diduga tenggelam di Sungai Aare, Swiss, pada hari kamis (26/5/2022).

Walaupun sudah melibatkan berbagai macam pihak, pencarian Eril belum menemukan titik terang. Hingga akhirnya pada kamis (06/06/2022) MUI Jabar menyerukan untuk melakukan shalat gaib untuk Eril.

Pada surat edaran yang dikeluarkan MUI Jabar terdapat keterangan bahwa Ridwan Kamil telah mengikhlaskan serta meyakini bahwa Eril telah meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Aare.

Dalam islam seseorang yang meninggal karena tenggelam dan bertaubat sebelum meninggal maka dimasukkan kedalalam golongan orang meninggal dalam keadaan Syahid.

Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda “Orang yang mati syahid ada lima, yakni orang yang mati karena Tho’un (wabah), orang yang mati karena menderita sakit perut, orang yang mati karena tenggelam, orang yang mati karena tertimpa reruntuhan dan orang yang mati syahid di jalan Allah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Syekh Syalaby, anggota Fatwa Darul Ifta Mesir, menjelaskan bahwa atas waktu pertaubatan adalah sampai ajal datang menjemput, yaitu saat ruh pergi meninggalkan tenggorokan kita. "Dan kita sama sekali tidak mengetahui kapan momen ini datang, sampai memohon ampunan dan bertaubat kepada Allah ﷻ," ujarnya

Meski tidak ada yang tahu apakah seseorang telah bertaubat sebelum tenggelam, Syekh Syalaby memberikan himbauan agar kita terus berprasangka baik dan berdoa untuk mereka, agar mendapat rahmat dan agar Allah ﷻ mengampuni dosa-dosanya

 

Leave a Comment