Menjelang Musim Haji, Arab Saudi Mulai Pengangkatan Kiswa Ka'bah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Dibukanya musim haji selalu ditandakan dengan sebuah prosedur yang menarik, yaitu pengangkatan kiswah. Kiswah sendiri merupakan kain hitam penutup Ka'bah yang terbuat dari 670 kilogram sutra dengan tulisan ayat suci Alquran terbuat dari benang emas. Ayat-ayat Alquran itu disulam dari 120kg benang emas dan 100kg benang perak.

Selama proses pengangkatan kiswah berlangsung, Masjidil Haram ditutup untuk umum, tapi pers dari mancanegara dipersilahkan mengikuti dan televisi lokal menayangkan langsung. Proses ini sangat dinantikan dan ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Setelah dua tahun lamanya Pemerintah Arab Saudi menutup pelaksanaan haji akibat pandemi, tahun ini kiswah mulai diangkat pada Jumat (19/06) untuk menandakan dimulainya musim haji tahun 2022. Seperti diberitakan Arab News, bagian paling bawah Kiswah diangkat sekitar tiga meter dan digantikan kain putih yang melapisi empat sisi tembok Ka'bah.

Kain sutra penutup Ka'bah itu dibentangkan dan diangkat hingga usai musim haji. Pengangkatan dilakukan setinggi 3 meter setiap tahun untuk melindungi Kiswah dari kemungkinan para jemaah haji menyentuh, menggunting, maupun menarik kain hitam tersebut ketika mereka mengelilingi Ka’bah. Kiswah akan ditutup kembali setelah musim haji berakhir.

Penutup Ka'bah tersebut dibuat di Kompleks Pembuatan Kiswah Ka'bah Raja Abdul Aziz dengan mempekerjakan lebih dari 200 pekerja dan menggunakan mesin jahit terbesar sepanjang 16 meter. Dalam pemasangannya, Presiden Dua Masjid Suci, Ahmad bin Muhammad Al-Mansouri mengatakan, telah dikerahkan 50 teknisi dan spesialis memastikan proses tersebut berjalan lancar.

Last modified on Selasa, 21 Jun 2022 14:33

Leave a Comment