BMKG Waspadai Potensi Hujan Lebat di Beberapa Provinsi

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - BMKG membagikan info potensi wilayah-wilayah yang berpotensi terkena dampak hujan lebat di Indonesia (28/08/2022). Berdasarkan matriks resiko yang dihitung berdasarkan 2 variabel yakni tingkat kemungkinan dan potensi dampak, terdapat 3 provinsi yang berada pada status ‘siaga’ dan 22 provinsi pada status ‘waspada’.

“Siaga dan Waspada terhadap bencana hidrometeorologi (genangan, banjir, banjir bandang, dll), dampak dari potensi hujan lebat,” tulis akun resmi Twitter BMKG, Minggu (28/08/2022), menyusul peringatan dini cuaca hari ini hujan lebat.

Berikut daftar provinsi di Indonesia yang tergolong kategori siaga terhadap bencana hidrometeorologi, berdasarkan peringatan dampak hujan lebat :

● Bengkulu

● Kalimantan Barat

● Sulawesi Tengah

Berikut pula daftar provinsi di Indonesia yang tergolong kategori waspada terhadap bencana hidrometeorologi, berdasarkan peringatan dampak hujan lebat :

● Aceh

● Sumatera Utara

● Sumatera Barat

● Jambi

● Sumatera Selatan

● Lampung

● Kepulauan Bangka Belitung

● Kepulauan Riau

● DKI Jakarta

● Banten

● Kalimantan Tengah

● Kalimantan Selatan

● Kalimantan Timur

● Sulawesi Utara

● Sulawesi Selatan

● Sulawesi Tenggara

● Gorontalo

● Sulawesi Barat

● Maluku

● Maluku Utara

● Papua Barat

● Papua

Alasan di balik hujan lebat yang terjadi ketika Indonesia telah memasuki musim kemarau juga telah dijelaskan oleh BMKG. Yakni, peningkatan curah hujan di periode musim kemarau seperti di bulan Agustus 2022 disebabkan oleh anomali iklim, antara lain fenomena La Nina Lemah (Weak La Nina), IOD Negatif, dan Suhu Permukaan Laut di sekitar Indonesia yang hangat. Anomali iklim ini masih bertahan dan diperkirakan akan berlanjut setidaknya hingga kuartal III tahun 2022.

 

Leave a Comment