Ratu Elizabeth II Tutup Usia, Para Muslim di Inggris Berduka

Potret Ratu Elizabeth II Potret Ratu Elizabeth II ( Foto : Detik.com )

Muslimahdaily - Jumat, 09 September, dikabarkan Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Berita meninggalnya Ratu Britania Raya tersebut disampaikan Istana Buckingham lewat akun Twitternya. Mereka mengabarkan Ratu Elizabeth meninggal di Balmoral. “Ratu meninggal dunia dengan damai di Balmoral sore ini,”.

Dewan Muslim Inggris (MCD) mengungkapkan belasungkawanya melalui situs MCB, Jumat (09/09/22), "Dewan Muslim Inggris mengungkapkan kesedihannya atas berita meninggalnya Yang Mulia Ratu. Belasungkawa, pikiran dan doa kami bersama Raja dan Keluarga Kerajaan di saat yang sulit ini," ucap Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris Zara Mohammed. Mereka juga mengatakan bahwa Ratu Elizabeth memberikan jasa yang besar dimana masyarakat Inggris dapat menjadi masyarakat multicultural dan multi-agama atas pengabdiannya selama lebih dari tujuh dekade.

Mereka juga menyebutkan bahwa Ratu Elizabeth adalah ratu pertama yang terlibat dengan komunitas muslim di Inggris. Beliau juga merupakan ratu pertama yang mengunjungi masjid Inggris selama perayaan Jubilee-nya pada 2002 meskipun masjid tersebut sudah ada di zaman Ratu Victoria. Sementara di sebuah masjid di Newport, mereka berencana menggelar doa khusus untuk Ratu Elizabeth malam ini. Kabarnya, yang akan memimpin doa tersebut adalah Qasre Abu Thalib Alaihissalam, seorang imam masjid Islamic Society For Wales.

Sekretaris Masyarakat Islam di Wales, Mubarak Ali berkata bahwa sosok Ratu Elizabteh sangat dihormati oleh komunitas Muslim di seluruh dunia. “Saya tumbuh bersamanya, saya lahir di Pakistan dan telah berada di sini sejak 1966. Situasi ini sangat mengkhawatirkan dan menyedihkan," ucapnya. Ali juga menyebut ratu sudah seperti sosok ibu dan bibi baginya.

Sebelum wafat, Ratu Elizanteh sudah menjalani perawatan kesehatan di Balmoral, Skotlandia hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di tempat yang sama.

Leave a Comment