Membanggakan! Puluhan Siswa SMP Islam Al Azhar BSD Meraih Prestasi di Turki

Murid smp islam al azhar bsd mendapatkan juara di ajang kompetensi turki Murid smp islam al azhar bsd mendapatkan juara di ajang kompetensi turki ( Foto : Republika )

Muslimahdaily – Sebanyak 22 siswa dari SMP Islam Al Azhar Bumi Serpong Damai (BSD), Kota Tangerang Selatan, Banten berhasil menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang Harman Folk International Folklore Festival yang diselenggarakan di Turki. Para siswa itu dilatih secara intensif selama kurang lebih dua bulan oleh guru kesenian sekolah.

Ajang tersebut merupakan sebuah festival budaya yang menampilkan beragam kompetisi seni dan budaya dengan periode dari tanggal 22 hingga 28 November 2022.

Melansir dari Republika, para siswa SMP Islam Al Azhar BSD menjadi juara pertama untuk kategori musik dan juara dua untuk kategori tari dari ratusan peserta, puluhan sekolah dan 30 negara yang ikut serta dalam lomba tersebut.

"Kontingen SMP Islam Al-Azhar BSD berhasil meraih juara pertama untuk kategori musik dan juara kedua untuk kategori tari. Mereka mampu bersaing dengan kontingen dari berbagai negara lain dan berhasil mencatat prestasi membanggakan," terang Danai Winny Rusbandi selaku Bendahara Yayasan Muslim BSD yang ikut mendampingi siswa Al Azhar BSD pada Jumat (25/11/22).

Adapun tari yang disuguhkan SMP Islam Al Azhar BSD dalam ajang tersebut di antaranya tari Batik, tari Tampah dan tari Merak dengan beberapa campuran variasi.

Selain Danai, mereka juga didampingi tim official yang terdiri dari Yayasan Muslim Bumi Serpong Damai, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, satu orang guru pendamping serta 15 orang tua murid.

Kepala sekolah SMP Islam Al Azhar BSD mengaku merasa bersyukur terhadap prestasi membanggakan yang diraih siswa-siswinya untuk sekolah, Provinsi Banten serta negara Indonesia.

"Alhamdulillah, yang pasti kami merasa bersyukur bisa meraih prestasi di ajang yang diikuti oleh 30 negara ini," ujar Dedi Hidayat. "Prestasi tersebut memberikan kebanggaan bagi sekolah dan juga mengharumkan nama propinsi Banten serta negara Indonesia," tambahnya.

Rombongan tari SMP Islam Al Azhar BSD tak hanya mengikuti perlombaan, namun pihak sekolah juga melakukan studi banding dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerja sama dengan sejumlah sekolah di Istanbul, Turki.

"Kami ingin bertukar informasi terkait manajamen pengembangan sekolah maupun peningkatan kapasitas tenaga didik dan peserta didik. Kami berharap kerja sama dengan berbagai sekolah di Turki bisa meningkatkan cakrawala pengembangan Pendidikan di SMP Al Azhar BSD maupun di berbagai sekolah di Indonesia pada umumnya," tutur Dedi Hidayat.

Tujuan kerja sama tersebut adalah guna melakukan pertukaran pelajar juga guru dari SMP Islam Al Azhar dengan sekolah unggulan di Istanbul. Dengan adanya pertukaran tersebut Dedi berharap meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Turki sekaligus mendukung program Merdeka Belajar yang sedang dilakukan pemerintah.

Last modified on Selasa, 29 November 2022 15:06

Leave a Comment