×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

Gempa di Maluku, BNPB Minta Warga Waspada Akan Gempa Susulan.

Ilustrasi Gempa Ilustrasi Gempa ( Foto :: Angelo Giordano dari Pixabay )

Muslimahdaily - Gempa dengan kekuatan M 7,5 mengguncang tanah Maluku. Gempa ini terjadi pada selasa (10/01/23) pukul 00.47 WIB atau 02.47 waktu setempat.

Menurut kesaksian waga setempat yang dilansir dalam web Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), gempa ini dirasakan kuat selama 3 hingga 5 detik. Akibatnya, banyak warga yang panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa gempa terjadi di 136km barat laut Kepulauan Tanimbar, Maluku dengan kedalaman 130km. Pusat gempanya berada di laut namun tidak berpotensi tsunami.

Gempa ini menyebabkan kerusakan di beberapa fasilitas umum, seperti sekolah. Selain itu, rumah warga pun turut mengalami dampak akibat dari adanya gempa ini. Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) per-tanggal 10 Januari 2023 mencatat sebanyak 15 rumah warga Kepulauan Tanimbar mengalami kerusakan. 3 diantaranya rusak berat, 1 rumah rusak sedang, dan yang lainnya masih dalam tahap penelitian kerusakan.

BNPB menghimbau warga sekitar untuk lebih waspada dan berhati-hati akan adanya gempa susulan. Hal ini karena gempa susulan sempat terjadi 20 menit setelahnya, yakni pada pukul 03.10 waktu setempat. Gempa susulan ini terjadi dengan kekuatan M5,5.

Untuk menanggulangi adanya kerusakan yang semakin banyak, BNPB menghimbau agar warga memastikan struktur bangunan rumahnya agar tak terjadi kerobohan. Khawatir jika terjadi gempa susulan, kerusakan yang ada pada rumah warga semakin masif.

Selain itu, banyaknya berita hoax yang beredar di media sosial perihal peristiwa gempa ini membuat BNPB menghimbau agar warga tak mudah termakan hoax yang beredar perihal peristiwa ini. BNPB pun turut menambahkan jika pastikan hanya memercayai informasi yang dikeluarkan oleh BNPB, BPBD setempat, serta BMKG.

Last modified on Selasa, 10 Januari 2023 12:29

Leave a Comment