Ledakan Dahsyat dari Petasan Sebabkan 25 Rumah Hancur di Blitar

Foto Rumah Warga Yang Terdampak Ledakan Foto Rumah Warga Yang Terdampak Ledakan ( Foto : Antara Foto )

Muslimahdaily - Ledakan besar terdengar di Dusun Sadeng, Desa Karangbendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar pada 19 Februari 2023. Ledakan ini menghancurkan 25 rumah warga. Diduga penyebab ledakan besar ini adalah karena petasan.

Ledakan besar ini bahkan terdengar hingga Kabupaten Kediri yang jaraknya 20-30 km dari lokasi kejadian. Bahkan warga sekitar sempat curiga jika bunyi ledakan ini berasal dari Gunung Kelud, namun setelah diperiksa kembali bunyi tersebut berasal dari rumah warga.

Dilansir dari detikJatim, ledakan ini berasal dari rumah seorang perakit petasan.

“Namun informasi dari warga, pemilik rumah sering meracik petasan menjelang puasa," kata Kapolresta Blitar, AKBP Argowiyono (20/02).

Ledakan besar ini mengakibatkan sebanyak 4 orang tewas dan 23 orang luka-luka. Keempat orang yang tewas ini merupakan satu keluarga. Menurut kesaksian warga, keluarga yang tewas tersebut merupakan pelaku dari perakit petasan. Tiga korban tewas dalam keadaan hancur akibat dari ledakan petasan tersebut, namun ada satu korban yang tewas dalam keadaan utuh yakni korban atas nama Darman.

Kini, tempat kejadian pun turut disterilkan agar tak ada warga yang masuk. Penyebab dari ledakan ini masih dikaji lebih lanjut. Namun, Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) dan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur menemukan sisa-sisa puntung rokok di dekat sumber ledakan. Polisi meyakini pelaku perakit petasan tersebut merakit petasan sambil merokok, sehingga percikan api tersebut mengenai petasan yang sedang dirakit.

"Karena mereka tidak profesional ya. Jadi saat meracik tidak aman, sambil merokok hingga terjadi ledakan hebat akibat black powder kena percikan api rokok," tambah Kapolresta Blitar AKBP, Argowiyono.

Hingga saat ini proses penyelidikan terus dilakukan. Evakuasi pun turut dilakukan terhadap warga yang terdampak ledakan ini.

 

Last modified on Selasa, 21 Februari 2023 16:42

Leave a Comment