4 Fakta Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Pixabay )

Muslimahdaily - Berita duka datang dari Jakarta Utara pada 3 Maret 2023. Berita duka ini berisikan tentang kebakaran yang menimpa Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Kebakaran ini terjadi pada pukul 20.11 WIB. Sekarang ini kebakaran telah berhasil dipadamkan, namun warga dihimbau untuk tak mendekati lokasi kejadian.

Kebakaran ini menyebabkan kerugian material yang besar. selain itu, banyak warga yang kehilangan rumahnya karena dilahap oleh api dari kebakaran depo Pertamina Plumpang ini.

Berikut ini adalah fakta-fakta dari kebakaran yang menimpa depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

1. Penyebab Kebakaran

Menurut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang dilansir dari Tempo, penyebab dari adanya kebakaran ini diduga karena adanya gangguan teknis. Saat itu, sedang diterima bahan bakar berupa Pertamax dari Balongan di depo Plumpang. Namun terdapat gangguan teknis hingga memicu tekanan yang berlebih, kemudian terjadilah kebakaran.

2. Jumlah Korban

Korban dari kebakaran depo Pertamina Plumpang ini tergolong banyak. Korban pun tak hanya menimpa orang dewasa saja, namun anak-anak pun tak luput menjadi korban. Tercatat sebanyak 19 orang tewas dalam peristiwa ini, beberapa di antaranya adalah anak-anak. Selain itu, sebanyak 49 orang luka-luka. Korban yang berjatuhan ini segera dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama. Adapun korban yang mengalami luka-luka dilarikan ke RS Pusat Pertamina, RSUD Koja, RS Tugu, dan RS Mulyasari.

3. Jumlah Orang Hilang dan Pengungsi

Selain korban yang mengalami luka bahkan tewas, terdapat pula orang-orang yang hilang. 16 orang dilaporkan oleh PMI Jakarta Utara berstatus sebagai orang-orang yang hilang akibat kebakaran depo Pertamina Plumpang ini.

Sementara untuk pengungsi, sebanyak 1.085 pengungsi juga terus tersebar di berbagai titik. Bantuan sandang dan pangan terus dilakukan oleh berbagai pihak. Kini, banyak lembaga yang membuka donasi untuk memberikan bantuan kepada para korban kebakaran depo Pertamina Plumpang ini.

4. Wilayah Terdampak
Kebakaran hebat ini melahap beberapa RW di sekitar depo. Menurut Kapolres Jakarta Utara, Gidion Arif Setiawan yang dikutip dari CNN, setidaknya terdapat 2 RW yang terdampak akibat dari kebakaran ini.

“Kebakaran di rumah warga terdata ada di 2 RW,” kata Gidion (3/3) dikutip dari CNN.

 

Last modified on Rabu, 08 Maret 2023 03:39

Leave a Comment