Angka Kecelakaan Saat Mudik Masih Tinggi, Kemenhub Adakan Mudik Gratis Lebaran 2023

Pemberitahuan Infromasi Seputar Mudik Gartis Lebaran 2023 di Instagram Resmi Kemenhub RI Pemberitahuan Infromasi Seputar Mudik Gartis Lebaran 2023 di Instagram Resmi Kemenhub RI ( Foto : instagram.com/@kemenhub151 )

Muslimahdaily - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini menyelenggarakan program mudik gratis untuk lebaran tahun 2023. Penyelenggaraan mudik gratis ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat kecelakaan saat mudik, terutama kecelakaan sepeda motor. Oleh karena itu, Kemenhub menyelenggarakan mudik gratis untuk menekan angka kecelakaan saat mudik.

Lewat laman resmi Kemenhub, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik dengan sepeda motor, karena dapat sangat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

“Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh karena potensi untuk terjadi kecelakaannya sangat tinggi. Masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” kata Menhub, Budi Karya Sumadi dikutip dari laman resmi Kemenhub RI (13/03).

Pendaftaran program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub ini mulai dibuka pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei. Estimasi waktu ini juga dapat diperpanjang apabila kuota mudik gratis masih belum penuh. Pendaftaran mudik gratis ini dapat dilaksanakan secara daring lewat (mudikgratis.dephub.go.id) atau aplikasi Mitra Darat. Selain itu, pendaftaran juga dapat dilakukan secara luring di kantor Pusat Kemenhub Jakarta dan di beberapa simpul transportasi dan titik lokasi lainnya. 

Untuk moda transportasi, Kemenhub menyediakan beberapa moda transportasi untuk program mudik gratis ini. Mulai dari kereta api, bus, hingga kapal laut. Untuk kereta api sendiri, kapasitasnya mencapai 46 ribu penumpang, dan 10 ribu sepeda motor. Untuk kereta api, keberangkatannya mulai dari tanggal 11 s.d 20 April 2023, dan kepulangannya mulai dari tanggal 25 April s.d 4 Mei 2023.

Untuk bus, kapasitasnya mencapai 24 ribu penumpang, dan 900 ribu sepeda motor yang akan diangkut menggunakan truk. Keberangkatan mudik dengan menggunakan bus dimulai dari tanggal 17 s.d 19 April 2023, untuk kepulangannya sendiri dimulai dari tanggal 27 s.d 28 April 2023.

Untuk kapal laut, kapasitasnya mencapai 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor yang diberangkatkan menggunakan kapal. Untuk kapal laut, keberangkatannya dimulai dari tanggal 15 dan 17 April 2023, untuk kepulangannya sendiri dimulai dari tanggal 25 dan 28 April 2023.

Jadwal pendaftaran di masing-masing moda transportasi dapat diakses di laman resmi Kemenhub atau laman resmi mudik gratis Dephub. Pastikan kamu terdaftar jika ingin mengikuti program ini, ya.
 

Last modified on Jumat, 24 Maret 2023 05:45

Leave a Comment