Pemerintah Kota Padang Luncurkan Agenda Kegiatan Pesantren Ramadhan 1444 H

Peluncuran Kegiatan Pesantren Ramadhan Oleh Pemkot Padang di Auditorium UNP Peluncuran Kegiatan Pesantren Ramadhan Oleh Pemkot Padang di Auditorium UNP ( Foto : Padang.go.id )

Muslimahdaily - Pemerintah Kota Padang meluncurkan kegiatan Pesantren Ramadhan 1444 H. Acara Pesantren Ramadhan ini akan dibuka pada tanggal 25 Maret 2023 di auditorium Universitas Negeri Padang (UNP). Adapun yang dapat mengikuti kegiatan ini adalah anak-anak SD dan SMP. Namun, Pemerintah Kota Padang juga menargetkan anak-anak SMA/SMK untuk dapat bergabung di dalam acara Pesantren Ramadhan ini.

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Padang, kegiatan Pesantren Ramadhan ini merupakan kegiatan pengganti seklah formal bagi pelajar SD, SMP, serta SMA/SMK.

“Pesantren Ramadhan akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun yang merupakan kegiatan pengganti pendidikan formal di sekolah SD dan SMP. Tak hanya itu, berdasarkan aturan Provinsi Sumatera Barat, Pesantren Ramadhan juga akan diikuti oleh pelajar SMA/SMK,” ujar Wali Kota Padang, Hendri (15/03).

Pembukaan Pesantren Ramadhan akan diadakan pada tanggal 25 Maret 2023. Sementara untuk pelaksanaanya dimulai dari tanggal 26 Maret 2023. Adapun waktu pelaksanaanya adalah selepas subuh hingga selepas dzuhur. Agenda yang dilakukan masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni menghafal Al- Qur’an, mempelajari kisah Nabi dan sahabatnya, serta dzikir.

Diadakannya Pesantren Ramadhan dari tahun ke tahun di Padang ini merupakan suatu bentuk konsistensi dan komitmen Pemerintah Kota Padang agar pelajar senantiasa mengamalkan ajaran agama Islam dan memusatkan pendidikan di masjid atau mushala yang ada di lingkungan mereka selama Ramadhan ini berlangsung. Selain itu juga, diadakannya Pesantren Ramadhan ini merupakan suatu upaya untuk mendorong pelajar-pelajar di Kota Padang untuk menghafal Al – Qur’an.

Bagi pelajar yang beragama non Islam maka akan diarahkan ke tempat ibadahnya masing-masing. Jadi di sana, mereka dapat memperdalam ilmu agamanya juga.

Last modified on Kamis, 16 Maret 2023 12:22

Leave a Comment