Bukan hanya mendukung, beberapa tempat makan ini beri donasi ke Palestina!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Seruan aksi boikot produk ataupun perusahaan pro-Israel sedang menyebar ke seluruh dunia. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang vokal menyerukan aksi pemboikotan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan adanya fatwa MUI No. 83 Tahun 2023 yang menyatakan bahwa memberi dukungan terhadap agresi militer yang dilakukan Israel ke Palestina baik secara langsung maupun tidak langsung hukumnya haram. Berdasarkan hal tersebut, tidak sedikit produk ataupun perusahaan pro-Israel menjadi sepi pembeli, contohnya McDonald, Starbucks, Coca-cola dan lain-lain.

Di sisi lain, aksi boikot perusahaan pro-Israel ini membawa dampak positif bagi perusahaan-perusahaan lokal untuk menunjukan kualitas mereka yang tidak kalah bagus dengan perusahaan-perusahaan pro-Israel tersebut. Hal ini bermanfaat untuk memperluas peluang industri atau perusahaan lokal agar mampu meningkatkan daya saing ekonomi. Perusahaan lokal juga banyak yang menyerukan seruan untuk mendukung Palestina, bahkan beberapa tempat makan ini memberikan bukti nyata dalam mendukung Palestina dengan mengirimkan donasi. Berikut beberapa tempat makan yang memberikan donasi ke Palestina:

1.D’Besto

Dikutip dari laman Republika (17/11), perusahaan fried chicken lokal, yaitu D,Besto berkolaborasi dengan salah satu NGO di Indonesia akan memdonasikan ambulans untuk membantu korban-korban perang di Palestina. D’Besto juga akan mendonasikan 100 persen keuntungan dari Paket Sadas periode penjualan 16 Oktober-15 November untuk membantu masyarakat Palestina. D’Besto turut terlibat aksi bela Palestina di Monas, pada 5 November 2023 dengan memberikan 1000 box paket untuk peserta kegiatan tersebut.

2. Burger Bangor

Burger Bangor merupakan salah satu bisnis food and beverages yang berfokus dalam makanan burger. Dilansir dari laman Instagramnya @burgerbangor, mereka akan mendonasikan seluruh keuntungan produk Pitik Fire, baik dibeli secara online maupun offline kepada Palestina, pembelian mulai dari tanggal 06-20 November 2023.

3. Olu Caffe & Grill

Olu Caffee & Grill merupakan sebuah usaha di bidang food and beverages yang menyediakan tempat caffee dan grill. Olu Caffe & Grill berkolaborasi dengan Baznas untuk memberikan donasi ke Palestina. Setiap penjualan grill Spicy Series (matah dan geprek) akan disumbangkan secara penuh ke Palestina melalui Baznas.

4. Lawless Burgerbar

Lawless Burgerbar merupakan bisnis food and beverages lokal yang menyajikan burger. Melalui akun Instagram @lawless.burgerbar, tempat makan ini menginformasikan bahwa seluruh keuntungan dari produk Bakken dari tanggal 4-12 November 2023 akan di donasikan ke Palestina melalui kedutaan Palestina untuk membantu korban perang.

5. D’Inspira Chicken

D’Inspira Chicken merupakan perusahaan makanan cepat saji di bawah naungan PT Inspira Rotte Mulia. D’Inspira Chicken mengadakan program “Paket Cinta Palestina” dimana hasil penjualannya akan didonasikan sepenuhnya ke Palestina. Program ini diselenggarakan mulai dari 10-14 November 2023.
Berikut beberapa tempat makan yang memberikan donasi kepada Palestina, tertarik coba?

Last modified on Rabu, 13 Desember 2023 12:45

Leave a Comment