Keren! Pandawara Grup Diundang ke Denmark, Untuk Belajar Daur Ulang Sampah

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : instagram/pandawaragroup )

Muslimahdaily - Kembali Grup Pandawara berhasil membuat bangga dengan menerima undangan dari Kedutaan Besar Indonesia di Denmark untuk mempelajari pengelolaan lingkungan. Dikutip Muslimahdaily dari akun Instagram @faktanyagoogle_ (24/11/23) mereka sudah berangkat pada pertengahan November dan akan berada di Kopenhagen dan Odense selama 18 hari.

Denmark sendiri dinobatkan sebagai negara terbersih di dunia. Pandawara Grup yang terdiri dari Ikhsan destian, Gilang Rahma, Muhammad Rifqi, Rafly Paya, dan Agung Permana mengunjungi salah satu tempat pengelolaan sampah terbaik di dunia Bernama Copenhill. Dalam undangan tersebut, Pandawara grup berkesempatan untuk melihat secara langsung proses pengelolaan sampah yang ada di Copenhill.
Pabrik yang digagas oleh Bjarke Ingels Group ini adalah sebuah pabrik pembangkit listrik tenaga sampah yang mampu mengubah 440.000 ton sampah menjadi energi bersih setiap tahunnya. Pabrik ini juga memiliki fasilitas ski di atapnya, yang merupakan ski buatan pertama di dunia yang berfungsi penuh.

“Denmark menjadi salah satu negara terbaik dalam memproduksi uapnya itu sendiri yang dihasilkan dari pembakaran sampah. Uap tersebut disaring dengan pipa-pipa penyaring,” ujar salah satu anggota Pandawara Grup dari tayangan Tiktok akun Pandawara (24/11/23).

Terbentuk pada tahun 2022, Pandawara Grup merupakan sekelompok anak muda yang aktif peduli terhadap lingkungan. Mereka menyuarakan aksi peduli lingkungan dalam bentuk kegiatan positif dengan membersihkan sampah-sampah yang ada di sungai bahkan pesisir pantai dan laut. Aksi tersebut didokumentasikan mereka melalui akun Instagram dan tiktok untuk membuka mata masyarakat untuk lebih sadar terhadap lingkungan.

Tidak hanya itu, Pandawara Grup juga mengajak anak muda menumbuhkan rasa peduli lingkungan dengan membuat karya seni berbahan dasar sampah. Berkat aksinya itu, Pandawara Grup berhasil menginspirasi dan menarik banyak volunteer untuk ikut tergabung dalam kegiatannya.

Banyak prestasi dan apresiasi yang berhasil dituang oleh Pandawara Grup. Salah satunya menjadi pemenang dalam acara Tiktok Awards ID 2023 dengan mengantongi tiga penghargaan kategori Creator of The Year, Rising Stars of The Year, dan Change Makers of The Year.

Last modified on Rabu, 13 Desember 2023 12:46

Leave a Comment