Ini Dia Barang Bawaan Para Demonstran Aksi Damai Bela Al - Qur'an

Muslimah mengikuti aksi damai bela Al - Qur'an Muslimah mengikuti aksi damai bela Al - Qur'an ( Foto : Zulfa/Muslimahdaily.com )

Muslimahdaily - Sejak Kamis malam (03/11) ribuan orang telah meramaikan halaman Masjid Istiqlal. Mereka merupakan para demonstran akan akan melakukan Aksi Damai esok harinya (4/11) di depan gedung Istana Kepresidenan . Mereka yang datang dari tempat yang jauh seperti Sumatra memang sengaja menginap di Masjid Istiqlal.

Para demonstran datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Massa didominasi dari Pulau Jawa dan Sumatra. Dengan kompak, mereka berseragamkan pakaian putih. Ditambah peci atau kopiah berwarna putih menciptakan suasana yang sejuk dan damai.

Datang dari tempat yang jauh mengharuskan mereka membawa perbekalan yang cukup. Sebuah gambar yang menjadi viral menghimbau agar para demonstran yang akan ikut Aksi Damai membawa sejumlah perlengkapan.

Selain seragam “wajib” putih-putih, mereka diminta untuk membawa Al-Qur’an, tas ransel atau tas punggung, pakaian ganti serta sarung, makanan siap makan seperti roti dan sebagainya. Minuman termasuk madu, air putih dalam botol untuk berwudhu, trash bag, obat pribadi, sajadah, handphone, dan telepon genggam juga jadi perbekalan yang harus disiapkan para demonstran. Sebagai antisipasi jika terjadi hujan, mereka juga dihimbau agar membawa payung lipat, mantel ataupun jas hujan. Tak lupa perintah agar memasukan semua barang ke dalam tas pelastik terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam ransel.

Selain itu, para “Pasukan Khusus” yang dipimpin Aa Gym membawa peralatan kebersihan seperti sapu, pengki dan sebagainya. Mereka bergotong-royong membersihkan halaman Masjid Istiqlal setelah melaksanakan Shalat Jumat.

(Baca Juga : Aksi Damai Bela Al-Quran, Ratusan Massa Bersenjatakan Alat Kebersihan)

Aksi Damai 4 November menjadi peristiwa yang sangat penting bagi Indonesia khususnya para muslim Indonesia. Puluhan ribu massa berkumpul di depan gedung Istana Kepresidenan untuk menuntut Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok terkait dengan dugaan menistakan agama Islam.

Leave a Comment