Dianggap Menghina Ulama, Komika Uus Dipetisi

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily -  Cuitan Komika Uus di media sosial semakian membuat beberapa netizen geram. Selain dinilai telah menghina ulama, kata-katanya pun mengandung unsur SARA. Kini Uus dikabarkan diberhentikan dua acara yang telah lama dibintanginya. Keduanya adalah Inbox di stasiun SCTV dan OVJ di stasiun Trans 7.

Tak hanya dihujat netizen, kini muncul petisi boikot Uus untuk tampil di TV. Petisi yang dibuat atas nama Fathia Azkia itu kini telah mencapai 9.683 dukungan. Di dalamnya tertera kekecewaan Fathia atas sosok public figure yang mengumbar pesan SARA dengan unsur kebencian. 

Petisi dengan judul ‘Boikot Uus Tampil di Tv’ itu ditunjukkan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Komunitas Stand up Comedy, dan Front Pembela Islam (FPI). Hingga kini, petisi tersebut telah menjadi viral di media sosial.

Berikut isi petisi tersebut.

Saya tidak ingin lagi melihat Uus tampil di televisi, baik sebagai stand up komedian maupun host sebuah acara musik. Kenapa?

Perilaku Uus yang seharusnya mencontohkan ciri publik figur yang baik, malah dinodainya sendiri dengan mengumbar pesan SARA disertai unsur kebencian. Bukan sekali, tapi sudah terlampau sering!

Awalnya ia mem-posting sebuah foto di akun instagramnya, dengan caption mengkritik perempuan berhijab yang dikaitkan dengan etika. Postingan tersebut pun dihujat habis-habisan oleh netter.

Tapi rupanya, bully-an netter tak cukup membuatnya gentar mengkritik kembali soal islam dan ulama. Padahal, dia sendiri merupakan seorang muslim.  

Dan yang terbaru dan tengah hangat, dia kembali mengejek ulama besar, sekaligus menyebut istilah "islam radikal" yang dianggapnya sebagai candaan.

Hati-hati, Us! Karir dan rejeki yang Anda miliki saat ini, tak lain dan tak bukan adalah atas pertolongan Allah SWT.

Wassalam,

Sebelumnya Uus melalui akun Twitternya mengunggah salah satu foto spanduk yang dibawa peserta ‘Aksi Bela Ulama’ di Mapolda Metro Jaya. Spanduk tersebut bertuliskan “Sehelai Rambut Habib Rizieq Jatuh bukan berurusan dengan FPI, tapi dengan Ummat Islam.”

Menanggapi hal itu, Uus berkomentar, “Shampo untuk Rizieq, viralkan! Bantu Rizieq beli shampo,” tulis akun @Uus__, Minggu (22/1) lalu.

Leave a Comment