Kota Jambi Sambut Ratusan Suku Anak Dalam Bersyahdat

Ratusan warga Suku Anak Dalam Masuk Islam Ratusan warga Suku Anak Dalam Masuk Islam ( Foto : Hidayatullah.com )

Muslimahdaily - Hari Senin (30/1) menjadi saksi lahirnya para muslim baru. Sebanyak ratusan warga Suku Anak Dalam (SAD) Jambi, Provinsi Jambi, dikukuhkan sebagai muslim. Walau pada awalnya 404 orang dikabarkan akan memeluk Islam, namun hanya 181 orang yang datang untuk bersyahadat.

Prosesi pengucapan dua kalimat syahadat berjalan haru dan diiringi tangis bahagia oleh penduduk setempat. Sebanyak 181 orang SAD Jambi berhasil memeluk Islam. Proses tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha di kantor Lembaga Adat Melayu Kota Jambi.

Seperti dilansir Muslimahdaily dari Hidayatullah.com, proses yang digelar atas kerja sama Yayasan Agrapana Bhumi Indonesia (YABI) dengan FPI, MUI, serta Pemerintah Kota Jambi tersebut turut pula dihadiri oleh Syeikh Ali Jaber, Ketua Umum DPP Front Pembela Islam (FPI) Ustadz Ahmad Shobri Lubis, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jambi Maulana, Ketua FPI Provinsi Jambi Habib Taufiq Baraqbah, Ketua FPI Kota Jambi Muhammad Syukri, serta penduduk setempat. 

Para calon muslimin ini memakai pakaian sopan. Di antara mereka ada yang memakai baju koko, mukena, dan yang lainnya mengenakan pakaian sehari-hari.

Menurut Syarif Fasha, warga SAD memeluk Islam atas dasar keinginan dan kesadaran pribadi tanpa adanya paksaan. Setelah mengucap kalimat syahadat, selanjutnya nama mereka pun diganti menjadi nama baru sesuai nama Islam.

 “Dan saya yang memfasilitasi untuk baju Muslim mereka dan kita juga berencana membangun masjid di desa mereka,” tuturnya.

Selanjutnya, para mualaf ini akan dibimbing mengenai agama Islam dan difasilitasi dengan alat shalat dan lainnya. Sebesar 350 juta rupiah biaya yang digunakan untuk prosesi tersebut menurut Syarif Fasha dikumpulkan dari sejumlah pihak seperti para pengusaha. 

Sebelumnya, warga SAD tak memeluk agama apapun, hanya sekedar kepercayaan yang menjadi pedomana hidup mereka. Seminggu sebelum mengucap kalimat syahadat, para calon mualaf ini ditampung di Asrama Haji Kota Jambi.

Sumber : Hidayatullah.com

Leave a Comment