Kapolda Akan Bubarkan Massa Aksi 112

Muslimah mengikuti aksi damai bela Al - Qur'an Muslimah mengikuti aksi damai bela Al - Qur'an ( Foto : Zulfa/Muslimahdaily.com )

Muslimahdaily - Kapolda Metro Jaya, Irjen M. Iriawan menegaskan akan membuarkan paksa massa aksi 11 Februari 2017 atau 112. Menurut Iriawan, pembubaran tersebut telah sesuai dengan aturan perundang-undangan nomor 9 tahun 1998.

Setelah sebelumnya GNPF MUI menyuarakan aksi longmarch jalan sehat dari Monas - HI di media sosial, berbagai lapisan masyarakat turut mendukung dan ikut serta pada aksi tersebut. Namun, tanggapan berbeda muncul dari Kapolda Metro Jaya, Irjen M. Iriawan. Ia menegaskan akan membubarkan massa pada aksi yang digelar pada 11 Februari mendatang.

"Tentunya apabila unjuk rasa tersebut dilakukan, maka unjuk rasa akan dibubarkan berdasarkan pasal 15 perundangan nomor 9 tahun 1998," ungkap Iriawan saat menggelar jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (7/2) seperti dilansir dari Republika Online.

Iriawan pun menghimbau agar masyarakat mematuhi undang-undang tersebut dan tak mengikuti aksi 112.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi perundangan-undangan tentang penyampaian pendapat di muka umum. Bahwa mereka harus menghormati hak-hak orang lain," ujar Iriawan.

Menanggapi hal tersebut,  Abdul Mu'i selaku Sekretaris Umum PP Muhammadiyah mengatakan polisi tidak bisa membubarkan masa aksi 112 mendatang sesuai dengan undang-undang. Menurutnya, tindakan tersebut justru dapat menimbulkan perlawan darjpi masa yang datang.

“Ini bisa menimbulkan masalah baru,” kata Mu’ti Selasa (7/2).

Menurut Mu'ti, alangkah lebih baik bila polisi melakukan pendekatan persuasif dan berdialog dengan massa aksi mendatang. Bagi masyarakat, tambah Mu'ti, menyampaikan pendapat merupakan hak setiap warga. Walau demikian, Mu'ti menghimbau agar warga Muhammadiyah tak ikut serta dalam aksi tersebut.

Seperti yang diketahui, GNPF MUI melalui media sosial berencana akan melakukan aksi jalan sehat pada 11 Februari 2017 mendatang. Aksi ini dimula dengan berkumpul di Masjid Istiqlal dan melakukan longmarch dari Monas ke HI dan kembali lagi ke Monas untuk membubarkan diri.

Last modified on Sabtu, 11 Februari 2017 02:35

Leave a Comment