Viral Buku Anak Kontroversial, Psikolog : "Buku Itu Salah Target"

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Bukalapak.com )

Muslimahdaily - Sebuah buku anak-anak berjudul "Aku Belajar Mengendalikan Diri" membuat publik heboh. Buku yang berisi pendidikan seksual bagi anak tersebut dinilai memuat isi kontrovesial itu menargetkan pembaca yang salah.

Buku yang ditulis oleh Fita Chakra ini menimbulkan berbagai respon dari netizen mengenai pentingnya pendidikan seksual anak sejak dini. Namun, buku cerita bergambar ini juga memicu kemaramahan orangtua.

Menurut Komisi Perlindungan Anak (KPAI), buku tersebut berpotensi menimbulkan penyimpangan seksual pada anak. Sedangkan menurut Psikolog anak dan keluarga, Vera Itabiliana dilansir dari Republika Online mengatakan bahwa buku tersebut menargetkan pembaca yang salah.

Vera menilai pendidikan seksual anak memang penting diajarkan di usia dini, namun alangkah lebih baik bila buku tersebut ditujukan kepada orangtua sebagai panduan mendidik anak. Vera juga berpendapat bahwa hal yang ditunjukkan di buku tersebut tidak dilakukan oleh semua anak.

"Anda tidak harus membaca buku ini bersama dengan anak-anak Anda. Karena meskipun perilaku ini cukup umum di antara anak-anak berusia antara lima dan enam tahun, Anda tidak bisa menggeneralisasi tren itu. Beberapa anak lain tidak melakukannya," ucap Vera.

Vera menambahkan, ketika isi di dalam buku dilihat dan dibaca oleh anak, mereka yang bahkan tidak mengerti, akan mencoba hal itu.

Gambar salah satu halaman buku berjudul "Aku Belajar Mengendalikan Diri" itu menjadi viral. Halaman itu memperlihatkan seorang anak yang berbaring sedang memeluk dan menyilangkan kakinya ke guling kemudian menggerakkan tubuhnya naik dan turun.

Pada halaman lain, sang anak terlihat memasukkan tangannya ke dalam celana sambil mengatakan telah nenemukan mainan baru untuk bersenang-senang.

Sedangkan pihak peneribit, Tiga Serangkai mengaku telah menarik buku tersebut sejak Desember 2016 lalu karena berbagai respon dari masyarakat.

Last modified on Kamis, 23 Februari 2017 01:16

Leave a Comment