Mereka yang Meninggalkan Ketenaran dan Berani Hijrah

Fenita Arie Fenita Arie (Foto : Instagram @fenitarie)

Muslimahdaily - Sederet nama seleb menggemparkan jagat hiburan karena keputusan mereka untuk vakum dari layar kaca. Alasan mereka kerap dicemooh bahkan dipandang sebelah mata, yakni karena ingin berhijrah. Banyak yang merasa kagum, namun banyak pula yang bersuudzan bahwa hijrahnya para artis sekedar mengikuti tren, atau bahkan sekedar ingin lebih terkenal. Benarkah hijrahnya para artis hanyalah sandiwara? Atau mereka benar-benar mengambil keputusan berani hijrah?

Hijrah bukanlah perkara yang mudah. Banyak sekali kebiasaan lama yang harus ditinggalkan dan memulai hidup baru yang sangat jauh berbeda. Bagi para seleb, mereka harus meninggalkan gaya hidup glamor, kehidupan malam, dan segala hiburan dunia lainnya. Berat sudah pasti. Lebih berat lagi saat mereka menjadi bahan gosip karena keputusan yang saat mengambilnya pun amat sangat berat. Berikut beberapa artis yang mengungkap betapa berat proses yang mereka jalani hingga akhirnya berani hijrah.

1. Fenita Arie

Proses hijrah Fenita bukan sehari dua hari. Bertahun-tahun ia merasa berat hati meski keinginan berhijrahnya semakin kuat. Istri Arie Untung tersebut mengaku berat dalam hal pekerjaan dan hijab.

“Tiap niat berhijrah datang, saya selalu cari pembenaran. Memang kenapa kalau enggak berhijab? Salahkah? Saya coba cari kajian, tausiah, baca buku, termasuk berdebat dengan Mas Arie. Tapi enggak ada yang membenarkan bahwa wanita muslim boleh tidak berhijab. Semuanya mewajibkan... Tantangannya kebanyakan dari pekerjaan. Aku masih ingin eksperimen rambut, mau coba baju ini itu yang lucu-lucu,” ujarnya kepada Tirto.

Kini Fenita telah berhijab, dan meninggalkan pekerjaannya sebagai presenter infotainment yang membesarkan namanya. Ia benar-benar melalui ujian berat itu dan berani berhijrah meski harus mengorbankan banyak hal.

2. Teuku Wisnu

Hijrahnya Teuku Wisnu bisa dibilang awal mula tren hijrah di kalangan artis. Meski banyak pendahulunya di kalangan seleb yang memutuskan berhijrah, namun hijrahnya Teuku Wisnu menghebohkan dunia hiburan dan dunia maya. Cukup sering ia dibully netizen saat awal-awal muncul di ranah publik dengan penampilan berbeda.

Namun dibalik gaya kalemnya, Teuku Wisnu ternyata melalui proses hijrah yang sangat berat. Awal proses hijrah, pemain sinetron tersebut hanya bertahan satu pekan. Ya, ia hanya sanggup meninggalkan kehidupan artisnya hanya satu pekan. Setelah sepekan, ia kembali melakukan kebiasaan lama yang terlarang dalam Islam. “Hijrahmu nanggung,” ujar Wisnu mengingat gurauan temannya kala itu, dilansir Tirto.

Wisnu lalu mengubah lingkaran pertemanannya yang merupakan bagian dari hijrah. Namun ternyata hal itu sangat berat baginya. Bahkan, ia pula harus meninggalkan pacaran yang juga terlarang dalam Islam. Padahal saat itu ia sedang menjalin hubungan dengan Shireen Sungkar.

Tak hanya itu, pria asal Aceh itu juga harus kehilangan banyak pekerjaan. Ia lalu banting setir dengan menggeluti bisnis kuliner di Kota Malang. “Sebenarnya tidak benar-benar berhenti. Paling saya pilah mana acara yang bermanfaat. Tapi sekarang sudah enggak lagi. Saya fokus di bisnis saja,” ujarnya saat ditanya pekerjaannya di layar kaca.

3. Ratu Anandita

Jika Fenita Arie mendapat dukungan hijrah dari suaminya, Anandita justru sebaliknya. Ia yang pertama kali mengajak hijrah sang suami yang juga seorang artis, Mario Irwinsyah. Dua pasangan suami istri itu pun kini dikenal sebagai pasangan seleb yang berani hijrah. Sebagaimana Fenita, Dita pula mengorbankan banyak hal demi proses hijrahnya. Sang presenter memutuskan berhijab dan kehilangan banyak kontrak pekerjaan.

Di media sosial, Dita mengungkap bagaimana beratnya proses hijrah yang ia alami bersama suaminya. “Banyak yang tanya #MarioDita kok bisa hijrah? kalo dipikirin, kita juga bingung gak tau jawabannya apa.. Yang pasti MasyaAllah Allah yang baik, Allah yang hebat, Allah sayaaaang banget sama kita Alhamdulillah..

Proses buat sampai disini juga gak gampang.. Banyak lah ujian yang harus kita lewatin. Tapi MasyaAllah setelah udah lewat nikmaaaat nya luaaarrrrr biasaaaaa.. Dulu.. sebelum hijrah pun alhamdulillah, banyaaakk nikmat dunia yang Allah kasih buat kita. Tapi semua itu nggak sebanding sama nikmat iman yang Allah kasih sekarang. Tapi perjalanan ini masih jauuuhhhhh untuk sampai ke tujuan dengan selamat.. Mohon do'a selalu yaaa buat #MarioDita biar istiqomah,” tulisnya secara ringkas, dikutip dari tribunnews.

4. Cinta Penelope

Sang penyanyi dangdut menerima banyak sekali nyinyiran sejak muncul dengan hijab syar’i. Tak sedikit yang memandangnya negatif seakan tak percaya proses hijrahnya. Sebagian mereka menilai hijrahnya Cinta hanyalah agar semakin terkenal.

Sesungguhnya tak ada yang bisa tahu hati seseorang kecuali Allah dan dirinya sendiri. Dari banyak pengakuan Cinta di media, ia nampak sangat berusaha keras untuk menjadi muslimah sejati. Ia mengorbankan banyak hal, meninggalkan dunia kelamnya sebagai penyanyi dangdut dan disc jockey. Cinta memutus banyak sekali kontrak kerja dan job manggung, menghapus banyak sekali tato, serta menyingkirkan sejumlah besar baju lamanya. Ia bahkan sempat bercucuran air mata di depan managernya saat hendak manggung karena ia takut mati dalam kondisi belum berhijab. Sebagaimana seleb lain, Cinta pun merasakan pahitnya proses berhijrah.

Empat seleb di atas hanyalah sebagian saja dari sederet artis yang berani hijrah dan meninggalkan ketenaran di dunia hiburan. Tak luput pula untuk disebutkan, Reza NOAH, Sakti Sheila On 7, Yuki Pas Band, Arie Untung, Dimas Seto, Dhini Aminarti, Ineke Koesherawati, Peggy Melati Sukma, dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki cerita tersendiri bagaimana melalui proses hijrah yang berat.

Tak perlu ada pikiran negatif, tak perlu terbawa isu, tak perlu pula mengingat keburukan lama mereka. Ingatlah sabda Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam, “Setiap manusia pernah berbuat salah. Namun yang paling baik dari yang berbuat salah adalah yang mau bertaubat.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, dari Anas bin Malik. Jadi, cukup doakan saja, semoga mereka yang berani hijrah selalu istiqomah di jalan Allah.

Last modified on Jumat, 01 Jun 2018 03:19

Leave a Comment