×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12351

Hadiah Rasullullah Atas Pengabdian Rabi’ah bin Ka’ab

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Rabiah bin Ka’ab al-Aslami ialah salah seorang pelayan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Tugasnya adalah mempersiapkan keperluan wudhu dan hajat Sang Nabi. Dia melayani Nabi Muhammad sepanjang hari. Bahkan, selalu siap siaga jika tiba-tiba Nabi Muhammad memanggilnya pada malam hari untuk melakukan sesuatu.

Inilah kisah Rabi’ah yang diceritakan dengan kata-katanya sendiri: “Aku masih sangat muda ketika cahaya iman bersinar melaluiku dan hatiku terbuka untuk ajaran Islam. Dan ketika mataku melihat Rasulullah, untuk pertama kalinya aku mencintainya dengan seluruh keberadaanku. Aku mencintainya sehingga membuatku berpaling dari siapapun selainnya.”

Suatu hari Rabi’ah berkata dalam diri sendiri: “Celaka engkau, ya Rabi’ah! Mengapa tidak kau paksakan dirimu untuk berkhidmat kepada Rasulullah?! Tawarkanlah dirimu kepadanya, jika Beliau menerimamu, maka engkau akan senang berada di dekatnya dan bahagia mendapatkan kecintaannya. Malah engkau akan mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat.”

Tak lama kemudian Rabi’ah menawarkan diri kepada Rasulullah. Ia berharap Rasul mau menerimanya sebagai pelayan. Ternyata sesuai dengan harapannya, Rasul menerimanya dengan senang hati. Sejak hari itu, Rabi’ah hidup dalam bayang-bayang Rasul. Ikut dengan Rasul kemana pun, Rabi’ah siap siaga di samping Rasul kapan pun dan ke mana pun Rasul berpaling. Setiap kali Rasul melirik ke arahnya, Rabi’ah akan melompat untuk berdiri di hadapan Rasul.

Ketika hari telah berakhir dan Rasul telah melaksanakan shalat Isya, Rabi’ah baru kembali ke rumahnya. Namun, ia selalu berpikir jika ingin pergi dan berkata pada dirinya sendiri:

“Mau ke mana, Rabi’ah? Mungkin Anda diminta melakukan sesuatu untuk Nabi di malam hari. Jadi saya akan tetap duduk di depan pintunya dan tidak akan meninggalkan ambang rumahnya.”

Nabi akan menghabiskan sebagian malamnya dengan melakukan shalat. Rabi’ah akan setia mendengar Rasul membaca Al-Qur'an bahkan selama sepertiga atau setengah malam.

Sudah menjadi kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, jika seseorang berbuat baik padanya, Nabi akan senang membalas orang itu dengan sesuatu yang lebih baik.

Pada suatu hari Rasul memanggilnya seraya berkata, "Wahai Rabi'ah bin Ka'ab, katakanlah permintaanmu, nanti kupenuhi!"

Rabi'ah bin Ka'ab adalah seorang pemuda miskin, tidak memiliki keluarga, harta dan tempat tinggal. Ia menetap di Shuffatul Masjid (emper masjid), bersama-sama dengan kawan senasibnya, yaitu orang-orang fakir dari kaum Muslimin. Masyarakat menyebut mereka "dhuyuful Islam" (tamu-tamu) Islam. Bila ada yang memberi hadiah kepada Rasulullah, maka biasanya beliau memberikannya kepada mereka. Rasulullah hanya mengambil sedikit saja.

Dalam hati, Rabi'ah bin Ka'ab ingin meminta kekayaan dunia agar terbebas dari kefakiran. Ia ingin punya harta, istri, dan anak seperti para sahabat yang lain. Namun, hati kecilnya berkata, "Celaka engkau, wahai Rabi'ah bin Ka'ab! Kekayaan dunia akan lenyap. Mengapa engkau tidak meminta kepada Rasulullah agar mendoakan kepada Allah kebajikan akhirat untukmu?"

Hatinya mantap dengan permintaan itu. Kemudian ia datang kepada Rasulullah dan berkata, "Wahai Rasulullah, saya mohon agar engkau mendoakan kepada Allah agar menjadi temanmu di surga."

Rasulullah terdiam. Sesudah itu beliau berkata, "Apakah tidak ada lagi permintaamu yang lain?"

"Tidak, ya Rasulullah. Tidak ada lagi permintaan yang melebihi permintaanku," jawab Rabi'ah bin Ka'ab mantap.

"Kalau begitu, bantulah aku dengan dirimu sendiri. Perbanyaklah sujud," kata Rasulullah.

Sejak itu, Rabi'ah bersungguh-sungguh beribadah, agar mendapatkan keuntungan menemani Rasulullah di surga, sebagaimana keuntungannya melayani beliau di dunia. Tidak berapa lama kemudian Rasulullah memanggilnya. "Apakah engkau tidak hendak menikah, hai Rabi'ah?" tanya beliau.

"Saya tak ingin ada sesuatu yang mengganggu dalam berkhidmat kepada Anda, ya Rasulullah. Di samping itu, saya tidak mempunyai apa-apa untuk mahar kawin, dan untuk kelangsungan hidup berumah tangga," jawab Rabi'ah.

Rasulullah diam sejenak. Tidak lama kemudian beliau memanggil Rabi'ah kembali seraya bertanya, "Apakah engkau tidak hendak menikah, ya Rabi'ah?"

Dan Rabi'ah kembali menjawab seperti seperti semula. Hingga ketiga kalinya Rasulullah memanggil dan bertanya serupa. Rabi'ah menjawab, "Tentu, ya Rasulullah. Tetapi, siapakah yang mau menikah denganku, keadaanku seperti yang Anda maklumi."

"Temuilah keluarga Fulan. Katakan kepada mereka bahwa Rasulullah menyuruhmu kalian supaya menikahkan anak perempuan kalian, si Fulanah dengan engkau."

Dengan malu-malu Rabi'ah datang ke rumah mereka dan menyampaikan maksud kedatangannya. Tuan rumah menjawab, "Selamat datang ya Rasulullah, dan dan selamat datang utusan Rasulullah. Demi Allah, utusan Rasulullah tidak boleh pulang, kecuali setelah hajatnya terpenuhi!"

Rabi'ah bin Ka'ab kemudian menikah dengan anak gadis tersebut. Dan Rasulullah juga menghadiahkan sebidang kebun kepadanya, berbatasan dengan kebun Abu Bakar Ash-Shiddiq. Suatu ketika, Rabi'ah sempat berselisih dengan Abu Bakar mengenai sebatang pohon kurma. Rabi'ah mengaku pohon kurma itu miliknya, sementara Abu Bakar juga mengakui hal yang sama.

Meskipun sempat berselisih dengan Abu Bakar, Rabi’ah tetap menghormati dan tidak membalas perkataan yang tak sengaja dilontarkan oleh As – Siddiq.

Last modified on Senin, 02 Januari 2023 12:59

Leave a Comment