Hijrahnya Residivis asal Bandung, Kini Bantu Berdayakan Eks Napi

By November 6, 2019 0
Heri Coet Heri Coet ( Foto : Youtube/Trans7 official )

Muslimahdaily - Di Bandung, nama Heri Coet sudah kerap wara – wiri masuk bui. Dirinya yang menjadi tulang punggung keluarga, harus berusaha mendapatkan uang demi memenuhi kebutuhan hidup adik-adiknya.

Karena desakan ekonomi itulah, Heri Coet lantas masuk ke lembah hitam. Ia kerap merampok dan mencuri mulai tahun 1993.

Menjadi Buronan Polisi

Tak kapok dengan perbuatannya, Heri Coet muda sering ditangkap polisi. Beberapa kali bahkan ia harus merasakan dinginnya hidup di dalam jeruji besi. Namun, setelah keluar penjara, ia kembali mengulang kesalahannya.

Tak cuma menjadi perampok, ia juga mencicipi barang haram di dunia narkotika. Ia bahkan sempat kabur selama 2 bulan dan menjadi buronan polisi. Tetapi, akhirnya bisa tertangkap dan dimasukkan penjara lagi untuk kesekian kali.

Setelah 7 tahun melalui perjalanan panjang menjadi residivis, Heri Coet merasakan titik klimaks dalam hidupnya. Ia lelah, dan menyadari, sekarang adik-adiknya sudah tumbuh dewasa.

Heri Coet tahu betul bagaimana tidak nyamannya hidup di penjara. Bahkan, mungkin masyarakat tidak akan bisa menerimanya begitu saja sebagai mantan napi.

Tetapi, ia sudah membulatkan tekad. Jika ia keluar penjara nanti, ia akan membuktikan bahwa dirinya bukan sampah  masyarakat.

Dengan modal terbatas, ia kemudian membuka usaha cafe “Pascorner” di dekat Lapas Banceuy. Cafe ini berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Bandung.

Uniknya, Heri Coet merekrut beberapa teman eks napi sebagai pegawai di tempat usahanya.

Tak Peduli Seberapa Sering Kamu Gagal, Yang Penting Berani Bangkit Lagi

Meskipun berkali-kali menjadi napi dan residivis, kini Heri Coet membuktikan bahwa musuh terbesar dalam hidupnya ternyata adalah dirinya sendiri.

Ia berusaha dan berjuang untuk bisa hidup dengan jalan halal. Dirinya mampu membenahi citra seorang mantan napi, ternyata juga bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Dengan memberdayakan eks napi sebagai pegawai cafe-nya, Heri Coet juga telah membantu teman – temannya itu untuk berubah menjadi orang – orang yang lebih baik.

Siapa pun pasti bisa dan mampu berubah, jika mereka memiliki tekad dan niat yang kuat.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama