Kisah Manusia Pertama yang Mengetuk Pintu Surga

By September 5, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Saat tiba hari kiamat, seluruh manusia menunggu keputusan. Apakah mereka akan masuk surga yang nikmat, ataukah neraka yang jahat. Lalu terdapat satu orang, yang telah siap menghampiri surga-Nya yang luar biasa indah, bersiap mengetuk pintunya.

Saat itu, pintu-pintu surga masih ditutup. Belum ada seorang pun yang diizinkan Allah untuk memasukinya. Namun seorang luar biasa ini, ia berdoa kepada Allah, agar diberikan akses menuju surga-Nya. Ia pun mengetuk pintu surga, ketika tak ada orang lain yang diizinkan mengetuknya.

Malaikat penjaga pintu surga keheranan, siapakah orang ini, ia tak mengenalnya. Sang malaikat pun bertanya, “Siapa kamu?”

Begitu mendengar nama orang tersebut, terkejutlah sang malaikat. Ia pun berkata, “Aku diperintahkan untuk membuka pintu surga untukmu. Tidak akan aku buka pintu surga bagi siapa pun sebelum kamu.”

Sang pengetuk pintu surga itu pun memasuki tempat kenikmatan sejati lagi kekal. Ialah sang penghuni surga pertama. Malaikat penjaga surga bahkan menanti kedatangannya untuk membukakan pintu. Tak akan pernah terbuka pintu surga sebelum ia memasukinya. Masya Allah.

Ternyata, sang penghuni surga pertama diikuti oleh banyak manusia. Di belakangnya, sekumpulan manusia mengikutinya. Sementara manusia lain, dengan jumlah yang sedikit, mengikuti calon penghuni surga yang lain. Ada pula sebagian manusia yang tak mampu mengikuti siapapun hingga ketakutan dan terancam neraka.

Lalu, siapakah penghuni surga pertama itu? Manusia hebat yang doanya dikabulkan hingga diizinkan memasuki surga. Siapakah pengetuk surga pertama, yang malaikat penjaga surga menanti kedatangannya?

Ia bukan lain adalah nabi kita, Muhammad Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliaulah sang penghuni surga pertama, sang pengetuk pintu surga kali pertama. Tidaklah pintu surga dibuka kecuali setelah kedatangan nabiyullah.

Adapun sekumpulan manusia yang mengikutinya, ialah umat beliau yang banyak jumlahnya. Rasululah diikuti banyak manusia di belakangnya, sementara nabi-nabi lain hanya sedikit jumlah pengikutnya. Allahumma shali ‘ala Muhammad. Semoga kita salah satu orang yang turut serta dalam rombongan Rasulullah, rombongan yang juga akan mengikuti beliau untuk masuk ke surga-Nya yang luar biasa indah.

Terdapat beberapa hadits yang menjadi dalil tentang Rasulullah lah manusia pertama yang menghuni surga kelak. Diantara hadits tersebut ialah kabar dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah pernah berkisah,

“Pada hari kiamat, aku mendatangi pintu surga, lalu aku minta agar dibukakan. Sang penjaga pintu bertanya, ‘Siapa kamu?’ Aku jawab, ‘Muhammad.’ Kemudian si penjaga berkata, ‘Aku diperintahkan untuk membuka karenamu. Tidak akan aku buka pintu surga bagi siapa pun sebelum kamu’.” (HR. Muslim).

Rasulullah juga pernah bersabda, “Saya orang yang pertama kali masuk surga di hari kiamat. Dan (ini) bukan untuk sombong.” (HR. Ahmad).

Nabiyullah menambahkan “bukan untuk sombong” sebagai penegasan bahwasanya beliau mengabarkan hal ini sekedar untuk memberi pemahaman kepada umat tentang surga, serta memberi kabar gembira kepada umat Islam bahwasanya beliaulah yang pertama kali memasuki surga. Bukan nabi-nabi sebelumnya, melainkan Nabi Muhammad lah yang pertama kali memasuki surga di Hari Kiamat kelak.

Di kesempatan lain, Rasulullah juga bersabda, “Saya adalah nabi yang paling banyak pengikutnya di hari kiamat. Dan saya orang yang pertama kali mengetuk pintu surga.” (HR. Muslim, Ibnu Hibban, dan yang lainnya).

Masya Allah, semakin besarlah rasa cinta kepada Nabiyullah. Semakin banggalah umat ini memiliki Muhammad Rasulullah. Beliaulah yang paling layak mendapat kehormatan untuk mengetuk pintu surga di hari kiamat kelak. Wallahu a’lam.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama