Muslimahdaily - Vino G Bastian, salah satu aktor terbaik di Indonesia, mengumumkan di Instagram bahwa ia akan berperan sebagai Buya Hamka dalam film layar lebar Buya Hamka.

Buya Hamka adalah seorang ulama, filsuf, dan penulis Indonesia yang karismatik. Ketua MUI pertama di Indonesia ini terkenal dengan karya-karyanya yang sangat populer dan indah. Dua diantaranya adalah Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan Di Bawah Lindungan Ka'bah, yang membuat namanya semakin melambung tinggi.

Dalam podcast YouTube The Sungkars, Vino menjelaskan bahwa ia sempat merasa bingung ketika ditunjuk untuk memerankan Buya Hamka. Namun, akhirnya ia akhirnya tetap mengikuti casting untuk peran tersebut, saat itu ia ditanya seberapa jauh ia mengenal Buya Hamka oleh Fajar Bustomi. Vino mengaku bahwa ia mengenal Buya Hamka dari buku-buku yang ada di perpustakaan ayahnya, dan ia suka membaca buku-buku Buya Hamka, terutama yang bergenre roman.

Untuk mengenal Buya Hamka, Vino membaca buku Akhlaqul Karimah karya Buya Hamka yang menurutnya sangat luar biasa. Namun, saat itu ia merasa kecil karena karakter Buya Hamka yang sangat patut dicontoh. Seorang ulama yang tidak hanya berjuang untuk agama tetapi juga untuk bangsa dan negaranya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa ia mengunjungi keluarga Buya Hamka untuk lebih mengenalnya. Mulai dari bertemu dan mengenal keluarga Buya Hamka hingga mengetahui bahasa tubuh seorang Buya Hamka.

Seperti yang dikutip dari video podcast The Sungkars, Vino mengatakan, "Dari orang-orang yang tahu banget kehidupannya, dan akhirnya ketemu sama keluarganya. Sesama anak-anaknya juga punya pemikiran yang berbeda karena, misalnya, mungkin yang perempuan punya cara pandang yang berbeda dengan yang laki-laki. Laki-laki itu sering diajak Buya untuk berdakwah ketika beliau berceramah. Perempuan kan, beliau selalu menanamkan pemikiran-pemikiran yang memang untuk perempuan. Seperti itu, jadi dari situ, karena bertemu dengan anak-anaknya, saya mendapat banyak masukan yang bagus dari sana."

Pihak keluarga juga mengatakan bahwa mereka ingin agar Vino dapat menyampaikan jiwa Buya Hamka kepada generasi sekarang. Sehingga hal tersebut membuat Vino membulatkan tekadnya dan berusaha semaksimal mungkin untuk memerankan sosok Buya Hamka.

Vino G. Bastian juga mengatakan, Jangan lupa saksikan film Buya Hamka jilid 1 pada tanggal 20 April 2023 yang bertepatan dengan lebaran.

Najwa Adlina

Add comment

Submit