Muslimahdaily - Saat ini anak-anak sedang dikondisikan untuk belajar di rumah. Pasti ada waktunya mereka akan meminta hiburan untuk mengusir kebosanan. Entah dengan bermain atau hanya sekedar menonton acara yang mereka senangi di Youtube atau Televisi.

Namun, ada baiknya sebagai orang dewasa kita bisa mengawasi film atau video yang mereka tonton. Mulai dari nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, bahasa dan perilaku para tokoh yang ada dalam tontonan tersebut.

Salah satu tontonan yang bisa kamu sajikan kepada si kecil adalah animasi atau kartun berseris yang tentunya ramah untuk anak-anak. Berikut 5 rekomendasi kartun atau animasi untuk si kecil:

1. Nussa

Animasi karya anak Indonesia ini menceritakan tentang kehidupan seorang adik kakak bernama Nussa dan Rara. Di dalamnya mengandung nilai-nilai kebaikan yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak.

Tentunya banyak juga nilai-nilai Islam yang diperkenalkan lewat animasi Nussa, Rara dan pemain lainnya. Seperti cara makan yang dianjurkan oleh Rasulullah, berbagi sesama dan masih banyak lagi. Kartun ini juga menyajikan beberapa lagu edukasi yang mudah dihafal oleh anak, seperti nama-nama nabi dan bulan hijriah.

2. Riko The Series

Riko The Series juga merupakan film animasi karya anak Indonesia terbaru yang menceritakan tentang seorang anak bernama Riko. Ia adalah anak yang senang menjelajah, meneliti sesuatu dan mencoba hal-hal yang baru.

Riko The Series mencoba menyajikan materi Ilmu Pengetahuan kepada anak Indonesia dengan cara yang mudah dipahami melalui animasi dan lagu-lagu islami. Mulai dari asal usul besi, penciptaan bumi dan alam semesta, tokoh ilmuan muslim dan pengetahuan Islam lainnya.

3. Upin dan Ipin

Siapa yang tak tahu kartun populer asal Malaysia ini. Sepertinya Upin dan Ipin sudah menjadi favorit anak-anak Indonesia. Kartun ini terbilang cukup aman disaksikan oleh anak-anak karena sifatnya yang mendidik.

Banyak nilai-nilai kebaikan moral yang diajarkan dalam kartun ini. Mulai dari menghormati orang yang lebih tua, persahabatan, menghargai perbedaan dan masih banyak lagi.

4. Ask The Storybots

Anime ini sangat cocok untuk anak-anak yang sedang dalam tahap ingin mengetahui banyak hal. Banyak juga terselip pesan moral dalam animasi ini. Salah satunya adalah penjelasan mengenai mengapa harus selalu menggosok gigi, mencuci tangan dan lainnya.

5. Tayo

Tayo juga merupakan animasi populer bagi anak Indonesia. bis kecil yang ramah ini bisa menjadi tontonan yang cukup mendidik untuk anak-anak. Tayo dan teman-temannya banyak mencontohkan kebaikan dalam kesehariannya. Terutama saat menolong sesama saat dalam kesusahan.

Selamat menonton!

 

 

Suha Yumna

Add comment

Submit