Fakta Daifuku Mochi, Kudapan Sultan Khas Jepang Yang Viral

Muslimahdaily - Jepang menjadi salah satu negara yang dikenal sebagai surga kuliner lezat. Hal ini bisa dilihat dari beberapa makanan ala Jepang yang mendominasi tren kuliner di media sosial belakangan ini mulai dari ramen, natto hingga daifuku.

Daifuku merupakan dessert khas Jepang yang banyak dicoba setelah viral di TikTok. Banyak sekali influencer dan pengguna akun TikTok mencicipi mochi sultan yang viral ini.

Agar kamu tidak penasaran lagi, berikut ini beberapa fakta daifuku, mochi dari Jepang yang lumer di mulut.

Apa Itu Daifuku?

Daifuku atau daifukumochi adalah kudapan khas Jepang yang terbuat dari tepung mochiko. Salah satu jenis wagashi atau mochi ini umumnya memiliki isian pasta kacang merah yang biasanya diberi tambahan isian berupa stroberi utuh yang baru-baru viral di aplikasi TikTok.

Meskipun kebanyakan daifuku bisa dimakan secara langsung, tapi masyarakat di beberapa daerah di Jepang, ada yang membakarnya terlebih dahulu sebelum disantap. Tentu, seiring perkembangan zaman, daifuku kini tersedia dalam berbagai varian rasa yang lezat dan menarik lho!

Sejarah Singkat Daifuku

Dilansir dari laman we-xpats, menjelaskan sejarah singkat Daifuku Mochi.

Dessert ini muncul sejak di awal masa Edo. Awalnya bentuk yang dimiliki oleh makanan ini pada saat itu jauh lebih besar jika dibandingkan dengan yang ada sekarang. Bahkan dulunya nama makanan ini adalah harabuto-mochi. Harabuto jika diartikan adalah fat-belly atau perut gemuk.

Nama Harabuto itu diambil selain karena ukuran yang dimilikinya juga karena merepresentasikan “kondisi” orang setelah memakan makanan ini. Karena menurut orang jaman dulu, setelah makan makanan ini orang bisa menjadi gemuk. Karakteristik yang sebenarnya masih bisa didapatkan di jaman modern ini. Bahan utama dari makanan ini adalah beras, kacang azuki, dan juga gula.

Jenis-jenis Daifuku

Ada banyak sekali jenis-jenis daifuku yang populer di Jepang. Misalnya, daifuku kacang yang memakai isian kacang arab ataupun kacang kedelai, dan daifuku kusa dengan isian mugwort, hingga daifuku garam yang menggunakan isian pasta kacang merah rasa garam.

Selain itu, ada jug daifuku kacang dan garam, daifuku kopi dengan isian pasta kacang merah rasa kopi atau daifuku puding, berisi krim puding sebagai pengganti pasta kacang merah. Banyak sekali ya jenisnya, jadi penasaran deh!

Ichigo Daifuku Yang Viral di TikTok

Baru-baru ini, ichigo daifuku begitu populer di TikTok. “Ichigo daifuku" adalah kudapan tradisional Jepang dengan sedikit sentuhan berbeda. Terdapat stroberi di dalam "daifuku" atau pasta kacang merah azuki yang dibungkus oleh mochi putih yang lembut. Kombinasi antara mochi, stroberi, anko, dan kirim membuat ichigo daifuku ini disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Konon, ichigo daifuku pertama kali diciptakan pada 1980-an dan banyak ditemukan di Kota Yoshimi, Prefektur Saitama. Pemakaian stroberi untuk bahan utama tentu saja bukan tanpa alasan. Pasalnya, Kota Yoshimi dikenal sebagai penghasil stroberi terbesar.

Ichigo daifuku mochi yang viral ini dilabeli mochi sultan karena harganya yang cukup mahal untuk sebuah kudapan. Signature box termurahnya dimulai dari harga Rp160.000 an dengan 2 varian mochi isi 6 pcs, dan harga termahalnya bisa di atas Rp300.000.

Namun, harga tidak membohongi rasa serta kualitas, sebab mochi sultan ini viral karena rasanya yang enak meskipun tergolong cukup mahal. Mochi sultan ini bisa jadi pilihan self reward lho sekali-kali,

 

Add comment

Submit