Ilustrasi sarapan ( foto : freepik.com )

Muslimahdaily - Banyak orang memilih kopi sebagai minuman andalan di pagi hari. Kafein dalam kopi dikenal sebagai stimulan yang mempengaruhi fungsi otak dan sistem saraf. Dalam dosis kecil, kafein dapat membuat seseorang merasa lebih bugar, waspada, dan fokus. 

Bagi sebagian orang, konsumsi kafein yang tinggi dari kopi bisa menjadi gangguan yang tidak diinginkan. Ada yang merasakan jantung berdebar-debar dan kecemasan setelah minum kopi. Sementara itu, ada juga yang mengalami peningkatan asam lambung dan gangguan pencernaan akibat konsumsi kopi.

Meski begitu, kopi masih sering menjadi andalan untuk mencegah kantuk. Jangan khawatir, karena ada beberapa minuman lain yang bisa dinikmati sebagai pengganti kopi di pagi hari.

1. Teh Hijau

Sumber kafein tidak hanya bisa didapat melalui kopi. Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang mengandung kafein. Kadarnya memang tak setinggi kopi, tetapi cukup untuk membuat badan bugar. Selain itu, teh hijau juga terkenal mengandung berbagai khasiat yang bagus untuk kesehatan. Kandungan kafein dalam teh hijau berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit.

2. Jahe

Siapa sangka ternyata jahe juga memberikan efek yang sama dengan secangkir kopi? Jahe biasanya terkenal digunakan sebagai bahan untuk minuman kesehatan. Nah, kalau kamu ingin mengganti kopi dengan pilihan yang lebih sehat, jahe bisa menjadi solusinya. serta kuat dapat mengurangi kantuk.

3. Cuka Sari Apel

Minuman cuka sari apel tak kalah efeknya seperti kopi. Apalagi, minuman ini juga rendah kalori, sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi yang ingin menurunkan berat badan. Salah satu kandungan yang dimiliki oleh cuka apel yakni asam astetat yang bagus untuk pengidap diabetes karena dapat mengurangi kadar gula darah.

4. Teh Chai

Walaupun teh hitam mengandung kafein yang lebih sedikit dibandingkan kopi, teh chai dapat mengusir kantuk dan membuat mata melek. Teh hitam banyak mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan, seperti mencegah serangan jantung dan menurunkan tekanan darah.

5. Air Lemon

Air lemon dapat menjadi pilihan tepat untuk menyegarkan badan dan mata di pagi hari. Campuran air hangat dengan perasan lemon dapat memberikan dorongan energi dan meningkatkan system pencernaan. Lemon mengandung vitamin c dan antiosidan yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Aleda Fanesya Maharany

Add comment

Submit