Muslimahdaily - Alzheimer merupakan salah satu penyakit lupa yang jarang sekali disadari keberadaannya. Kebanyakan orang masih hanya menganggap Alzheimer sebagai ‘lupa’ biasa dan tidak menganggapnya sebagai penyakit serius.

Untuk kamu yang masih bertanya-tanya tentang penyakit ini, berikut 10 fakta 10 fakta mengejutkan mengenai Alzheimer yang harus kamu ketahui:

1. Salah satu jenis demensia

Penyakit Alzheimer adalah salah satu jenis demensia yang paling sering ditemui di masyarakat. Demensia adalah istilah yang digunakan untuk penyakit yang menyerang otak, terutama berkaitan dengan penurunan kemampuan mengingat dan beraktivitas.

Jenis demensia lainnya adalah demensia vascular, Lewy body dementia (LBD), demensia campuran, penyakit Parkinson, dan penyakit Huntington.

2. Wanita lebih rentan terserang

Menurut Departemen Kesehatan dan Pelayanan Kemanusiaan Amerika Serikat, penderita Alzheimer wanita jumlahnya nyaris dua kali lipat dari penderita pria. Dampak penyakit ini juga lebih parah bagi wanita dibandingkan pria.

Salah satu dampak itu adalah penyusutan otak. Penyusutan otak yang menyerang penderita wanita cenderung lebih parah dibandingkan penderita pria.

3. Penyakit jantung meningkatkan resiko Alzheimer

Tahukah kamu bahwa jantung dan otak itu saling bekerja satu sama lain? Jika kamu memiliki penyakit jantung, maka resikomu terkena Alzheimer akan semakin tinggi.

Selain penyakit jantung, kondisi tubuh seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, diet buruk, dan jarang bergerak juga bisa meningkatkan resiko Alzheimer.

Penyakit jantung juga menjadi salah satu penyebab penyakit demensia vascular, yang terjadi karena penyempitan pembuluh darah di otak. Saat pembuluh darah di otak menyempit, aliran oksigen ke otak jadi berkurang.

4. Belajar dapat merendahkan resiko Alzheimer

Institut Nasional khusus Orang Tua (NIA) dari Amerika Serikat menemukan bahwa semakin aktif belajar, maka semakin rendah resiko kamu terserang Alzheimer.

Banyak aktivitas di luar sana yang menjaga otakmu tetap aktif bekerja di usia tua sekalipun seperti sering berinteraksi dengan orang lain, melakukan aktivitas kelompok, belajar bahasa baru, bermain alat musik, atau mengambil kelas les keterampilan.

5. Dapat menyebabkan kematian

Asosiasi Penyakit Alzheimer menyatakan bahwa Alzheimer menjadi penyebab kematian nomor enam di Amerika Serikat. Sekitar satu dari tiga orang tua meninggal karena Alzheimer atau karena jenis demensi lainnya.

Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga melaporkan lebih dari 84 ribu orang di Amerika Serikat meninggal karena Alzheimer pada 2010.

6. Salah satu penyebab kematian yang unik

Sampai saat ini, dunia kesehatan belum menemukan metode, obat, atau vaksin untuk menyembuhkan atau setidaknya memperlambat dampak Alzheimir. Obat-obatan yang ada saat ini hanyalah membantu meringankan gejala.

Meskipun belum ada obat atau vaksin, banyak cara yang bisa kamu lakukan dari sekarang juga untuk mencegah Alzheimer, seperti aktif bersosialisasi dengan masyarakat atau belajar bahasa asing.

7. Biaya penanganan relatif mahal

Rendahnya kesadaran untuk mencegah Alzheimer dan minimnya sumber daya untuk menangani penderita Alzheimer menjadi alasan mengapa biaya penanganan penyakit ini relative mahal. Tak main-main, biaya penanganan diperkirakan akan meningkat Rp 2 triliun pada 2030 nanti.

8. Ditemukan pada abad ke-20

Seorang dokter asal Jerman bernama Alois Alzheimer, pertama kali mengamati penyakit ini pada tahun 1906. Dia menangani pasien bernama Auguste D. yang menderita penurunan ingatan dan masalah lain yang berkaitan dengan kemampuan berpikir.

Setelah pasien tersebut meninggal, Dokter Alzheimer mencatat bahwa beberapa bagian di otak pasien menyusut. Atas penemuannya, seorang psikiatris yang bekerja dengan Dokter Alzheimer saat itu menamakan penyakit itu sebagai penyakit Alzheimer.

9. Kehilangan indra penciuman

Penderita Alzheimer dapat kehilangan indra penciuman mereka menurut Institut Kesehatan Nasional (NIH). Beberapa studi penelitan mengatakan bahwa menurunnya indra penciuman bisa jadi merupakan gejala awal terserang Alzheimer.

Namun, kamu perlu mengetahui bahwa menurunnya indra penciuman tidak hanya karena Alzheimer. Ada beberapa penyakit lain yang memiliki gejala ini, yaitu penyakit Parkinson, kerusakan otak, atau infeksi sinus.

10. Harapan hidup bervariasi

Harapan hidup penderita Alzheimer bervariasi tiap orang sehingga cukup sulit untuk memprediksi berapa lama penderita mampu bertahan hidup. NIA melaporkan bahwa orang lanjut usia umumnya memiliki harapan hidup 3-4 tahun, sedangkan orang dewasa sekitar 10 tahun atau lebih.

Itulah 10 fakta mengejutkan seputar Alzheimer. Alzheimer mungkin tidak menyerangmu saat ini juga, namun tidak ada salahnya untuk mulai mencegah dari sekarang. Semoga bermanfaat.

 

Winanti Utaminingsih

Add comment

Submit