Muslimahdaily - Tiap wanita hendaknya selalu memperhatikan kesehatan dan kebersihan organ intimnya. Pasalnya, vagina merupakan salah satu organ yang rentan muncul bakteri serta jamur jika tidak dibersihkan dengan baik dan beresiko membuat vagina jadi tidak sehat. Vagina yang tidak sehat harus segera ditangani dengan baik, karena dapat mempengaruhi kesehatan wanita secara keseluruhan.

Lantas apa saja tanda-tanda vagina yang tidak sehat? Agar dapat segera diatasi, yuk simak ulasan Muslimahdaily yang dirangkum dari laman HerStory berikut ini!

Bau menyengat

Tanda pertama adalah munculnya bau menyengat dari vagina. Memang, vagina memiliki bau khasnya sendiri. Namun, kamu patut waspada bila vagina mengeluarkan bau seperti ikan busuk atau bau yang tidak biasa. Pasalnya, bau menyengat merupakan gejala dari infeksi yang terjadi di vagina.

Terdapat benjolan

Saat vagina kamu terasa sakit, cobalah tengok dengan menggunakan cermin. Jika di area yang sakit tersebut muncul benjolan, maka kamu harus waspada. Karena, benjolan bisa jadi tanda adanya kanker vagina. Tanda kanker biasanya diawali dengan munculnya benjolan seperti jerawat atau bisul yang kemudian berubah tekstur dan warnanya.

Kering

Tanda selanjutnya adalah vagina kering. Kondisi ini memang normal dialami oleh wanita yang sudah menopause. Tapi kalau kamu belum masuk usia menopause, kamu harus berhati-hati.

Vagina yang kering dan meradang tanda bahwa tubuh sedang kekurangan hormon estrogen daripada yang seharusnya. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh penggunan obat, stres, cemas, dan iritasi karena sabun atau celana dalam.

Gatal

Saat vagina tidak sehat, biasanya akan terasa gatal. Tak jarang rasa gatal ini juga dibarengi dengan sensasi panas. Hal ini lantaran bakteri berbahaya yang melebihi jumlah bakteri baik. Ketidakseimbangan itulah awal mula timbul rasa gatal dan panas.

Umumnya, rasa gatal dan panas pada vagina disebabkan oleh reaksi bahan kimia, seperti sabun, krim, atau karena pemakaian alat kontrasepsi. Selain itu, penggunaan celana dalam dengan bahan yang kasar juga bisa jadi penyebab lain.

Untuk itu, sebaiknya kamu segera mengganti celana dalam dengan bahan katun yang lebih halus. Pastikan juga vagina tidak terpapar bahan kimia terlalu sering.

Keputihan yang berlebihan dan berubah warna

Keputihan yang normal adalah yang berwarna putih dan bening serta tidak berbau. Namun, Sahabat Muslimah harus waspada apabila keluar keputihan yang berwarna merah, coklat, kuning kehijauan, hingga putih keabu-abuan. Segera berkonsultasi ke dokter, ya.

Itu tadi beberapa tanda bahwa vagina kamu sedang tidak sehat. Jika Sahabat Muslimah mengalami salah satu di antaranya, maka jangan takut untuk segera berkonsultasi ke dokter, ya.

Itsna Diah

Add comment

Submit