Muslimahdaily - Anemia merupakan kondisi medis yang terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang cukup. Gejala umum anemia meliputi kelelahan, sesak napas, kulit pucat, dan yang sering dirasakan oleh banyak orang, yaitu pusing. Pusing sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, salah satu cara untuk menambah darah secara cepat yaitu dengan meningkatkan asupan zat besi dan nutrisi dari minuman. Berikut beberapa minuman penambah darah yang dapat membantu mengatasi anemia:

Jus Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang mampu menyerap zat besi dari makanan. Buah ini juga dapat membantu mengurangi aktivitas enzim angiotensin (ACE) yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Air Kelapa

Air kelapa mengandung zat besi, magnesium, dan elektrolit alami yang dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Selain itu, air kelapa juga rendah kalori dan dapat membantu menjaga hidrasi tubuh.

Jus Jeruk

Vitamin C yang tinggi dalam jus jeruk dapat membantu penyerapan zat besi non-heme dari sumber makanan. Kombinasi jus jeruk dengan makanan kaya zat besi dapat meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi oleh tubuh. Selain itu, rasa segar jus jeruk juga bisa menjadi alternatif minuman sehat sehari-hari.

Sari Kacang Hijau

Sari kacang hijau merupakan minuman yang kaya akan nutrisi, termasuk zat besi, asam folat, protein, dan serat. Nutrisi tersebut bisa mengatasi anemia atau kekurangan darah. Hal ini sangat baik untuk mereka yang merasa pusing karena kekurangan darah atau memiliki kadar hemogoblin rendah dalam tubuh. Selain itu, sari kacang hijau adalah minuman yang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil karena baik untuk perkembangan janin.

Susu Kedelai Fortifikasi Zat Besi

Susu kedelai merupakan sumber protein nabati yang baik dan beberapa produk susu kedelai kini difortifikasi dengan zat besi. Maksud fortifikasi disini berarti bahwa zat besi telah ditambahkan ke dalam susu kedelai untuk meningkatkan kandungan nutrisinya. Minuman ini cocok untuk mereka yang tidak dapat mengonsumsi produk susu hewani atau mencari alternatif yang lebih ringan.

Berikut beberapa minuman yang mudah didapatkan dan bermanfaat untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh. Selamat mencoba!

Widya Salsabila Nasith

Add comment

Submit