Ilustrasi haid
Ilustrasi haid ( Foto : Freepik )

Muslimahdaily - Setiap wanita merasakan efek samping menstruasi yang berbeda. Menjelang menstruasi, atau yang disebut Premenstrual Syndrome (PMS), tanda-tanda yang sering dialami wanita adalah peningkatan nafsu makan. Umumnya wanita menginginkan makanan yang manis-manis atau makanan cepat saji.

Lantas, apakah hal tersebut normal?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Eating, peningkatan nafsu makan disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron. Selain itu, hormon serotonin, yang bertugas untuk memicu perasaan senang, mengalami penurunan. Sementara, hormon kortisol atau hormon stress, justru meningkat.

Tak hanya itu, Ketika PMS hormon estrogen wanita pun mengalami penurunan. Hormon ini bertugas untuk membantu meningkatkan mood, sehingga turunnya hormon estrogen dapat meningkatkan rasa lapar untuk memperbaiki mood. Studi yng dilakukan oleh National Institute of Nutrition and Food Tecnology di Tunisia mengungkapkan, wanita akan mengonsumsi kalori lebih tinggi dari biasanya pada hari pertama hingga hari ketiga.

Supaya nafsu makanmu tidak berlebihan selama PMS, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengotrol nafsu makan.

1. Pilih makanan yang sehat
Pertama, pilih jenis makanan yang lebih sehat seperti karbohidrat kompleks, buah, atau sayuran. Makanan seperti oatmeal, nasi merah, ubi, buah-buahan, roti gandum utuh, buah kering, yoghurt, dan kacang-kacangan bisa memberi rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol keinginan untuk makan berlebihan. Hindari makanan tinggi gula, kafein, atau alkohol yang bisa memperburuk kondisi PMS.

2. Makan Camilan sehat
Keinginan untuk camilan sering meningkat saat PMS. Minumlah air yang diresapi dengan buah segar atau mint untuk membantu menahan keinginan ngemil. Permen karet atau permen lolipop juga bisa membantu. Jika menginginkan camilan manis, buah segar atau smoothie yoghurt bisa menjadi pilihan. Untuk camilan asin atau gurih, kacang-kacangan adalah opsi yang baik.

3. Kelola Stres
Stres bisa meningkatkan keinginan makan impulsif. Kelola stres dengan olahraga, teknik relaksasi, dan tidur teratur.

4. Sibukkan Dri
Menyibukkan diri bisa mengalihkan perhatian dari keinginan makan berlebihan. Namun, tetap perhatikan kesehatan dan batasi aktivitas karena tubuh cenderung lebih lelah saat menstruasi.

5. Lakukan Olahraga Ringan
Aktivitas fisik seperti jalan pagi/sore, yoga, atau bersepeda bisa membantu mengelola rasa lapar dan mengalihkan keinginan untuk makan berlebihan.

Aleda Fanesya Maharany

Add comment

Submit