Muslimahdaily - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa pemerintah akan memberikan vaksinasi HPV secara gratis pada anak perempuan kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar (SD) di seluruh provinsi Indonesia pada tahun ini. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mengarah pada upaya pencegahan kanker melalui skema Jaminan Kesehatan Nasional akan menjamin pembiayaan gratis untuk skrining 14 jenis penyakit, termasuk kanker di Puskesmas. 

Dikutip dari Kemenkes, ''Wujud implementasi transformasi layanan primer yakni melalui BPJS yang saat ini tengah mengalokasikan 9 Triliun untuk pembiayaan layanan skrining yang di dalamnya termasuk untuk kanker,'' kata Menkes Budi, Senin (22/5/23).

Tahun ini Kemenkes telah menyiapkan 10.000 mesin ultrasound yang akan didistribusikan ke seluruh Puskesmas di 514 kabupaten dan kota di Indonesia untuk mencapai target deteksi dini kanker payudara.

Selain vaksin dan alat kesehatan, Kemenkes juga menyiapkan program skrining kanker serviks dengan metode tes DNA HPV. Saat ini, tes DNA HPV dilakukan di lima kota di Provinsi DKI Jakarta.

Najwa Adlina

Add comment

Submit