Muslimahdaily - Pernah gak sih kamu merasa bahwa kulitmu tetap berjerawat meski sudah melakukan berbagai perawatan wajah? Berbagai cara telah kamu lakukan demi mendapatkan kulit yang sehat dan glowing, salah satunya adalah maskeran menggunakan clay mask.

Bukannya menghilangkan, clay mask justru bisa membuat jerawat makin bertambah parah. Hal tersebut lantaran kamu melakukan kesalahan saat memakai clay mask. Apa saja masalah tersebut? Melansir dari laman Fimela, yuk simak ulasannya!

1. Lupa membersihkan wajah sebelum maskeran

Mungkin kamu sering lupa untuk membersihkan wajahmu dari berbagai makeup dan debu yang menempel pada kulit wajah. Bahkan, sekalipun tidak beraktivitas di luar ruangan, Sahabat Muslimah masih harus tetap membersihkan wajahmu. Hal itu bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan masker. Jadi, sebaiknya lakukan double cleansing terlebih dulu ya!

2. Penggunaan clay mask yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit

Perlu diingat nih, sebelum kamu mengaplikasikan clay mask di wajahmu, pastikan dulu kamu paham akan manfaat dan kandungan yang kulitmu butuhkan. Jika wajahmu kusam dan berminyak, kamu bisa menggunakan green clay. Sementara itu, kamu bisa memilih pink clay jika kamu ingin meratakan tekstur kulit. Jangan lupa untuk sesuaikan kebutuhan kulitmu.

3. Durasi pemakaian yang terlalu lama

Biasakan untuk membaca instuksi pada kemasan produk ya, Sahabat Muslimah. Jika instruksinya mengharuskanmu memakai clay mask selama 15 menit, maka ikutilah. Jangan biarkan clay mask terlalu lama di wajah. Sebab, kulitmu akan kering hingga iritasi.

4. Tidak menggunakan pelembap setelah menggunakan clay mask

Manfaat dari clay mask, salah satunya adalah mengurangi minyak berlebih. Biasanya, kulitmu cenderung kering setelah menggunakan clay mask. Nah, untuk menjaga kelembapan kulit, jangan lupa aplikasikan toner dan pelembap. Sehingga, kulit tidak akan memproduksi minyak berlebih yang mana akan menimbulkan jerawat.

5. Penggunaan clay mask yang tidak rutin

Clay mask bersifat sebagai perawatan wajah. Tentunya, penting untuk dilakukan secara rutin agar hasilnya maksimal. Biasakan pakai clay mask 1-2 kali seminggu. Sisanya, kamu dapat memakai sheet mask untuk membuat kulitmu lembap.

Itu dia 5 kesalahan umum yang mungkin sering kamu lakukan. Intinya, sebagus apapun produknya, jika pengaplikasiannya kurang tepat, maka hasilnya pun kurang maksimal. Jadi, jangan lupa untuk perhatikan hal tersebut ya, Sahabat Muslimah.

Resty Melisa

Add comment

Submit