Muslimahdaily - Siapa yang tak merasa bahagia jika setelah menikah pasangan tercinta selalu disisinya, menjadi tempat bersandar dikala lelah dari segala aktivitas dan menjadi tempat curahan hati saat gundah gulana ? 

Namun apa jadinya bila pasangan harus pergi saat diawal masa pernikahan sehingga harus terpisah jarak atau yang dikenal Long Distance Marriage(LDM).

Salah satunya adalah pasangan yang tengah hangat menjadi perbincangan nitizen yakni Salmafina Khairunnisa dan Taqy Malik. Pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahannya bulan september lalu ini harus menjalani hubungannnya terpisah jarak saat baru saja menikah selama empat hari.

Pasalnya sang suami Taqy Malik harus melanjutkan pendidikannya di Kairo, Mesir. Untuk para pembaca Muslimahdaily.com Salmafina atau yang akrab disapa Alma membagikan tips untuk membuat rumah tangga yang baru saja dijalani tetap romatis walaupun jarak memisahkan. Setidaknya ada dua hal yang menjadi kunci sukses LDM menurut Alma, 

Pertama, komunikasi yang baik itu sebuah keharusan. Jangan sampai komunikasi berantakan atau miscommunication yang membuat iniformasi tidak tersampaikan dengan baik sehingga menjadi penyebab munculnya pertengkaran. Jadi sesibuk apapun usahakan komunikasi tetap lancar, bisa menggunakan video call atau media sosial.

Kedua, Keterbukaan sejatinya dalam sebuah hubungan harus terbuka tidak menyembunyikan segala sesuatu, ketika ada masalah harus cerita sekecil apapun itu karena pasangan berhak tahu.
Pada awal - awal pernikahan Alma menceritakan ia belum terbuka dengan Taqy, namun ada kata - kata dari sang suami yang membuatnya berubah.

"Aku pernah punya masalah tapi aku tidak tercita sama suami ku, lalu dia bilang ‘memangnya aku apa?’ padahal aku niatnya baik tidak mau membuat dia banyak pikiran disana,” Kenangnya.

Rosyidah Arsyad

Add comment

Submit