Muslimahdaily - Ramadhan, bulan yang penuh berkah, menjadi saat yang sangat dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Di bulan suci ini, setiap detiknya berharga, memberikan kesempatan emas untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan dan memiliki keutamaan besar selama bulan Ramadhan adalah mengkhatamkan Al-Qur'an. Kegiatan ini tidak hanya merupakan refleksi dari ketakwaan, tapi juga sarana memperdalam pemahaman kita tentang pesan-pesan ilahi yang terkandung di dalamnya.

1.Amalan yang sangat dicintai Allah

Alquran merupkan amal yang sangat dicintai Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dalam Hadist Riwayat Imam Tirmidzi dari ibnu Abbas ra, beliau berkata: ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam., “wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?”Beliau menjawab, “al-hal wal murtahal. “Orang ini bertanya lagi, “apa aitu al-hal wal murtahalwahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir.

2.Allah Subhanahu Wa Ta'ala Angkat Derajatnya

Allah akan mengangkat derajat orang yang mau menghafalkan ataupun menghatamkan Al-Qur’an. Sebagaimana mana hadist Dari Umar bin Khatab ra. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. bersabda,: “Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala. akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim);

3.Syafaat di Hari Kiamat

Al-Qur’an akan menjadi penolong bagi siapapun yang mentadaburinya. Telah banyak sumber yang menjelaskan bahwa mempelajari Al-Qur’an dapat menjadi syafaat kelak di hari akhir nanti. Misalnya dalam hadist Rasulullah dari Abu Umamah radhiyallahu 'anhu , ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “ Bacalah Al-Qur'an karena pada hari berhenti, ia akan datang sebagai syafaat untuk para pembacanya .” (HR. Muslim).

4.Pujian dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala

Para pembaca Al-Qur’an akan mendapatkan pujian dari Allah. Hal ini dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda “Tidaklah suatu kaum berkumpul disalah satu rumah-rumah Allah untuk melatunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka dihadapan mahkluk yang ada di dekat-Nya.” (HR.Muslim).

5.Bersama Para Malaikat Diakhirat

Keutamaan berikutnya adalah ketika kamu membaca dan memahami Al-Qur’a, maka Allah akan menempatkannya bersama malaikat diakhirat nanti. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah, Rasulullah bersabada “orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka ia akan Bersama para malaikat yang mulai lagi taat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.”(HR Bukhari dan Muslim).

Dalam menyambut dan menjalani bulan Ramadhan, mengkhatamkan Al-Qur'an menjadi salah satu amalan yang penuh dengan keutamaan dan berkah. Dari mendapat kecintaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala, pengangkatan derajat, syafaat di hari kiamat, pujian dari Allah, hingga kedudukan bersama para malaikat, setiap aspek ini menunjukkan betapa pentingnya Al-Qur'an dalam kehidupan umat Islam.

Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan momen suci ini untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan meningkatkan kualitas ibadah kita, khususnya melalui tilawah Al-Qur'an. Semoga amalan kita selama bulan Ramadhan ini dapat menjadi sumber keberkahan, peningkatan iman, dan jalan kita menuju ridha serta surga-Nya. Mari kita buat Ramadhan tahun ini lebih bermakna dengan menghidupkan setiap detiknya dengan penuh kesadaran dan keimanan, berharap akan kedamaian, kebahagiaan, dan keselamatan di dunia serta akhirat

Nebil

Add comment

Submit