Sering Ngantuk Saat Tarawih ? Hindari 7 Makanan Ini

Muslimahdaily - Puasa Ramadhan adalah bulan penuh berkah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan suci ini, umat Islam akan berpuasa sebagai bentuk ibadah dan pengendalian diri. Namun, ketika datang waktu berbuka puasa, penting untuk memilih makanan yang tepat agar tubuh tetap segar dan energik, terutama ketika melanjutkan ibadah tarawih di malam hari.

Makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa dapat berperan besar dalam menjaga kekuatan dan stamina tubuh kita. Oleh karena itu, penting untuk memilih dengan bijak apa yang kita makan agar tetap bugar dan fokus dalam menjalankan ibadah tarawih. Berikut tujuh makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa agar tidak mengantuk saat tarawih:

1.Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak tinggi cenderung memperlambat proses pencernaan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Konsumsi makanan berlemak tinggi saat berbuka puasa dapat membuat Anda merasa lesu dan mengantuk saat menjalankan ibadah tarawih. Makanan berlemak tinggi mencakup coklat atau kacang-kacangan

2.Susu

Konsumsi susu yang mengandung lemak dapat menyebabkan perasaan kenyang di perut, sehingga disarankan untuk menghindarinya saat berbuka puasa. Jika ingin mengonsumsinya, disarankan untuk membatasinya dan menunggu setelah Shalat Tarawih untuk melanjutkan konsumsi.

3.Makanan Manis Berlebihan

Konsumsi makanan manis berlebihan saat berbuka puasa dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat diikuti oleh penurunan drastis, yang dapat menyebabkan rasa lelah dan mengantuk.

Melansir dari laman Alodokter, menurut spesialis gizi klinik dari RS Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan, dr Christopher Adrian, MGz, SpGK menjelaskan biasanya orang berbuka puasa dengan makanan manis. Menurutnya, sah-sah saja mengonsumsi makanan manis dalma batas yang wajar dan tidak berlebihan.

Pasalnya, mengonsumsi makanan manis secara berlebihan dapat menimbulkan rasa kantuk. Selain menimbulkan rasa kantuk, makanan manis yang berlebihan juga membuat seseorang lebih cepat lapar

4.Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung kafein dan gula tambahan yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi dan membuat badan terasa lemas selama ibadah tarawih. Sebaiknya hindari minuman bersoda dan pilihlah air putih atau jus buah segar sebagai alternatif yang lebih sehat.

5.Makanan Tinggi Karbohidrat Sederhana

Makanan tinggi karbohidrat sederhana seperti nasi putih dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat, diikuti oleh penurunan yang tajam. Hal ini dapat menyebabkan rasa lelah dan kantuk saat menjalankan ibadah tarawih.

6.Makanan Cepat Saji atau fast food

Makanan cepat saji cenderung mengandung lemak trans dan bahan tambahan yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan serta membuat tubuh terasa lemas dan mengantuk.

7.Tepung

Produk-produk makanan yang banyak mengandung tepung dapat dihindari untuk dikonsumsi sewaktu berbuka puasa. apabila ingin mengonsumsi dapat secukupnya saja dan bisa dilanjutkan sehabis salat tarawih. Contohnya seperti mie atau roti.

Dalam menyambut bulan Ramadhan, penting untuk memilih makanan yang tepat saat berbuka puasa untuk menjaga kesehatan dan menjalankan ibadah dengan optimal. Dengan menghindari tujuh makanan yang dapat menyebabkan kantuk dan lemas maka dapat dipastikan badan tetap bugar dan fokus dalam menjalankan ibadah tarawih serta meraih berkah yang lebih besar di bulan suci ini.

Add comment

Submit