Rekomendasi Menu Sarapan yang Aman Dikonsumsi Tanpa Bikin Perut Mulas Setelah Makan

Ilustrasi

Muslimahdaily - Tak sedikit orang yang melewatkan sarapan karena berbagai alasan, seperti terburu-buru atau malas makan di pagi hari. Ada pula yang memilih untuk tidak sarapan di pagi hari karena akan menyebabkan perut mulas setelahnya. Hal tersebut tentu sangat menganggu aktivitas karena khawatir akan terlambat berangkat bekerja.

Alhasil, Sebagian orang memilih untuk makan siang saja tanpa sarapan. Daripada harus menerima risiko sakit perut setelah makan. Menurut Medical News Today, perut mulas setelah makan bisa disebabkan oleh refleks gastrokolik. Ini adalah respons alami tubuh yang terjadi ketika makanan masuk ke perut.

Begitu makanan memasuki tubuh, tubuh mulai melepaskan hormon yang menyebabkan usus besar berkontraksi. Kontraksi ini mendorong makanan yang sudah ada di dalam usus untuk bergerak lebih jauh melalui sistem pencernaan, yang seringkali membuat ingin segera buang air besar.

Refleks gastrokolik yang terlalu aktif bisa dipicu oleh berbagai faktor. Menurut Healthline, beberapa makanan dan kondisi pencernaan tertentu dapat memperkuat atau memperpanjang efek refleks ini, termasuk:

- Kecemasan
- Penyakit celiac
- Makanan berminyak
- Alergi dan intoleransi makanan
- Gastritis
- Irritable Bowel Syndrome (IBS)
- Penyakit radang usus

Sarapan pagi memiliki banyak manfaat bagi Kesehatan tubuh. Sarapan bertujuan untuk mengembalikan energi seteah tidur malam dan menyebabkan perut kosong. Sarapan juga membantu otak untuk bekerja lebih focus. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk tidak melewatkannya. Nah, bagi kamu yang sering merasa mulas setelah makan pagi, beberapa menu sarapan ini menjadi pilihan.

1. Pisang

Semakin gelap warna kulit pisang, semakin baik buah ini untuk dicerna. Pati resisten dalam pisang berubah menjadi gula, sehingga usus tidak perlu bekerja keras untuk mencernanya.

2. Teh Herbal

Teh herbal bisa menjadi solusi tepat saat kamu merasa tak sanggup makan namun perutmu melilit. Teh camomile sangat baik untuk meredakan sakit perut, sementara teh jahe bisa mencegah mual dan teh mint membantu meredakan diare.

3. Oatmeal

Saat dimasak komponen oatmeal terurai, sehingga membantu proses pencernaan bahkan sebelum makanan ini masuk ke dalam mulut. Tambahkan buah-buahan segar untuk memberi rasa dan nutrisi tambahan.

4. Roti

Roti yang terbuat dari tepung terigu sama-sama rendah serat, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh, terutama saat perut sedang bermasalah. Namun jika kamu punya roti gandum akan lebih baik. Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang membuat roti ini sangat cocok untuk dijadikan sarapan. Karbohidrat komplek dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

5. Telur

Saat sarapan, cobalah menyantap telur rebus matang. Telur ini baik untuk meredakan perut mulas atau sakit. Namun, jika kurang menyukai telur rebus, kamu bisa membuatnya menjadi telur orak-arik. Pastikan saja untuk tidak menambahkan terlalu banyak minyak atau mentega.

6. Ubi Manis

Ubi manis adalah makanan yang lezat, mudah dicerna, dan kaya nutrisi. Kamu bisa memanggang atau merebusnya, lalu nikmati setelah dikupas kulitnya.

Add comment

Submit